-->

Cara Merawat Tanaman Yang Layu Dan stress Setelah Pengiriman Jauh

Tanaman setress atau layu dan menggugur daunnya dapat di sebabkan oleh banyak faktor salahsatunya adalah pengiriman, banyak orang tidak tahu cara mengatasi tanaman dalam kondisi stress seperti ini akibatnya bisa fatal, mulai dari layu hingga mati.

Cara Merawat Tanaman Yang Layu Dan stress Setelah Pengiriman Jauh


belanja online sudah bisa di lakukan untuk segala jenis penualan, mulai dari barang hingga jasa, tidak kalah juga dengan perlengkapan kebun, mulai dari alat berkebun hingga benih dan tanaman bisa di jual belikan secara online. tapi tidak seperti barang yang keras, misalnya saja elektronik atau peralatan berkebun, membeli tanaman dengan metode online ini biasanya sangat riskan karn jika seller kita tidak amanah, tanaman yang di kirim biasanya tidak terlalu bagus seperti di poto atau pengirimannya yang asal-asalan.

selain masalah tersebut membeli tanaman secara online juga memiliki resiko lain misalnya saja tanaman layu di pengiriman hingga terpontang panting saat pengiriman yang bisa mengakibatkan tanaman rusak hinga mati, oleh karena itu saya pribadi tidak menyarankan anda untuk membeli tanaman secara online jika masi pemula dalam dunia berkebun, namun jika anda memiliki seller amanah atau masih dalam satu kota mungkin tidak ada salahnya untuk di coba.

Cara merawat tanaman yang layu / stress setelah pengiriman belanja online


ada banyak keuntungan dan kerugian membeli tanaman secara online, selain karna pembelian dilakukan dengan lebih praktis membeli tanaman secara online juga sering di lakukan karna biasanya harga tanaman di online lebih bersaing, sehingga buyyer tidak akan takut tertepi harga oleh penjual tanaman. namun sayangnya banyak juga kekurangan dari membeli tanaman secara online misalnya saja tanaman tidak terlalu bagus, di packing tidak rapih sampai dengan pengiriman yang terlalu lama membuat tanaman stres hingga mati.

penyebab tanaman layu atau stres karna pengiriman onlen


banyak hal bisa menyebabkan tanaman yang anda pesan menjadi layu atau setres bahkan mati, biasanya memang pembelian online tanaman pasti layu karna pengiiman, selain karna pengiriman tanaman juga akan di kurang tanahnya untuk mengurangi berat pengiriman, ini sudah menjadi rahasia umum penjual tanaman secara online, ini juga akan menambah pekerjaa anda loh, alih-alih praktis membeli tanaman secara online akan memakan biaya tambahan misalnya saja anda harus menyediakan tanah subur dengan cara membeli. atau anda harus meluangkan banyak waktu untuk mempolibag ulang tanaman yang anda beli dari online, ini akan membuat anda lebih repot daripada membeli tanaman dari toko tanaman terdekat, namun sayangnya toko tanaman terdekat tidak terlalu lengkap, terpaksa deh kita harus membeli tanaman dengan cara online untuk jenis tanaman tertentu.

secara umum penyebab tanaman stress  setelah membeli dari online bisa kita golongkan karena beberapa sebab di bawah ini :

1. setres karna pengiriman terlalu lama

tanaman hias atau tanaman bibit yang di kirim oleh pedgang tanaman biasanya hanya kuat beberapa hari dalam pengiriman, misalnya saja tanaman berbatang lunak berair seperti aglonema dan portulaca akan membusuk jika terlalu lama dalam pengiriman. umumnya pengiriman yang baik yang di gunakan untuk mengirim tanaman paling lama hanya 3 hari, jika lebih dari itu maka resiko tanaman setres atau layu akan lebih tinggi, namun untuk beberapa jenis tanaman tertentu ini tidak masalah, misalnya saja tanaman berkayu keras, ataupun umbi2 an, misalnya amarilis, ataupun stek batang tanaman yang anda beli secara online.

2. tanaman layu dan stress krna packing tidak rapi

ini adalah kasusu yang sering saya temui, biasanya hal ini dilakukan oleh seller baru penjualan online, seringkaimereka mengemas tanaman dengan sebarangan sehingga packing menjadi rusak dan berakibat rusaknya tanaman, bisa layu karna terlalu kering atau membusuk karna terlalu basah, ini bisa berakibat fatal bahkan membuat tanaman menjadi mati.

3. tanaman layu atau stress  karena tanamn yang di kirim berkualitas buruk

nah, pernah mendapatkan seller nakal ? beberapa pedagang tanaman yang tidak amanah biasanya menjual tanaman dengan kualitas buruk dengan harga yang cukup tinggi karna kurangnya wawasan konsumen, biasanya si menggunakan poto yang bagus namun barang yang di kirim tidak dalam kualitas bagus, tanaman ini misalnya saja baru di potong dari cangkokan, baru di sambung, sedang stress atau banyak juga sebab lainnya, solusinya adalah hati2 dalam memilih seller, jadilah smart buyyer yah.

4. Akibat jasa pengiriman yang tidak bagus

pernah melihat proses barang di gudang pengiriman ? biasanya sih di lempar-lempar , tertinfih barang yang lebih berat atau bisa juga di sebabkan banyak permasalah lainnya, ini nih yang bikin packing  jadi rusak dan pada akhirny juga merusak tanaman isinya. solusinya ?  pilihlah jasa pengiriman yang cepat  dan aman.

5. tanaman tidak di karantina terlebih dahulu

pada umumnya untuk di kirim ke luar pulau tanaman memerlukan surat karantina, ini bertujuan untuk menjaga kualitas tanaman dan menghindari persebaran penyakit pada tanaman, selain itu karantina juga akan membuat tanaman lebih tahan terhadap stress..

6. tanaman sudah layu / setres sebelum dikirim

kalo yang ini sih parah bangt deh, banyak seller nakal yang sngaja mengirim tanaman tidak layak untuk di jual, misalnya saja dalam keadaan layu atau berpenyakit. jika sudah begini, buyer lah yang akan di rugikan.

jenis-jenis gejala tanaman stres karna pengiriman


gejala tanaman setres akibat pengiriman bisa dengan beraneka ragam, biasanya tanaman terlihat layu, daun dan batang tanamannya lemas atau bahkan rontok, daun menguning dan tidak sehat jika di pandang. di kasusu lain tanaman setengah membusuk atau bahkan sudah membusuk dengan parah, biasanya sih tanaman membusuk jika memilki karakter berair seperti aglonema dan caladium.
lalu bagaimana cara mengatasi tanaman yang setres akibat pengiriman yang terlalu lama atau sebab lainnya.

cara penanggulangan yang benar jika tanaman anda setres setelah pengiriman.


tanamn setres akibat pengiriman saya bagi menjadi dua keluhan umum yaitu tanaman layu dan membusuk. untuk itu saya membagi penangannnya menjadi dua bagian seperti di bawah ini :

tanaman layu akibat pengiriman


layu karan teralalu lama, daun patah, daun menguning rontok dan sebagainya bisa di atasi dengan mudah, petama pastikan tanaman yang anda terima tidak patah batang yang terhubung langsung dengan akar, cek kondisi akar, namun jangan sampai merusak tanah yang menyatu dengan akar. biasanya tanaman yang di kirim secara online tidak memiliki media tanam dan ahnya di kirim berupa polibag dan batang tanaman, oleh karena itu belilah atau carilah media tanam yang cocok dengan karakter tanaman tersebut, misalnya saja jika kalian membeli tanaman buah maka biasanya kalian cukup dengan menggunakan tanah humus dan sekam, di campur dengan sedikit pupuk kandang. hanya sedikit saja, pupuk kandang bisa di tambahkan dengan lebih banyak jika tanaman sudah sehat. namun jika tanaman yang kalian beli sejenis aglonema dan caladium maka gunakan media yang bisa menahan kelembaban tapi tidak tergenang karna akan menyebabkan kebusukan. setelah menentukan media yang benar selanjutnya tanamn tanaman tersebut di media yang telah di sediakan, usahakan untuk tidak langsung menanam nya di tanah atau halaman yang panas jika anda berniat untuk menanam tanaman tersebut di halaman.

biarkan tanaman di simpan di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar mata hari langsung sampai tanaman menjadi sehat. jika tanaman sudah pulih dn sudah terlihat segar bisa di pidhkan ke tempat yang lebih panas secara perlhan. atau letakan tanaman di tempat sesuai karakternya karna tidak semua tanaman membutuhkan sinar matahari langsung. selama proses pemulihan ini usahakan untuk menjaga tanaman tercukupi kebutuhan airnya.

tanaman setres dan membusuk setelah tiba sehabis pengiriman


selain layu dan patah batag, gejala lain akibat pengiriman terlalu lama dan packing tanaman yang tidak bagus adalah tanaman menjadi membusuk, gejala ini biasanya dialami oleh tanaman yang memiliki kandungan air tinggi seperti kaktus, suculent, aglonema dan tanaman lainnya.

lalu bagaimana mengatasi masalah ini ?. secara umum mengatasi tanaman busuk akibat pengiriman cukup mudah, jika tanaman busuk sudah parah di bagian tertentu maka potonglah bagian yang busuk tersebut, namun jika tanaman lembek dan kecot (lemas) cobalah dengan cara menggunakan terapy air, caranya tanaman di rendam akarnya saja selama beberapa saat sampai tanaman segar kembali.

jika busuk teradi pada daun maka buanglah daun tersebut namun jika busuknya sudah parah pada seluruh tanaman cobalah untuk membicarakannya dengan seller penjual, karna selain akibat pengiriman yang lama busuk pada tanaman yang di kirim juga bisa dikarenakan oleh kesalahan seller saat pengemasan misalnya saja mengemas dalam keadaan basah.

baca juga : 10 jenis tanaman pengusir nyamuk paling ampuh

nah begitulah cara mengatasi atau merawat tanaman yang busuk, stres atau layu akibat pengiriman, sangat mudah bukan, untuk mewaspadai hal -hal yang tidak di inginkan berikut sedikittips singkat jika anda ingin belanja tanaman hias secara online.

tips belanja onlen tanaman hias


pilih seller yang baik
cari harga terbaik
pastikan jenis anaman yang anda beli sudah benar
minta poto real pich poto yang sedang di kirim
gunakan asuransi pengiriman jika ada
minta resi atau cek pengiriman secara berkala secara online
persiapkan media ketika tanaman akan sampai.
rawat tanaman dengan baik.

1 Response to "Cara Merawat Tanaman Yang Layu Dan stress Setelah Pengiriman Jauh"

  1. Beli tanaman online memang mengecewakan,daun tidak segar bahkan kering layu,pdhl pengiriman sdh dgn "sameday".

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel