-->

Rahasia Anggrek Tumbuh Subur dengan Media Tanam Limbah Kelapa Utuh

bunga anggrek merupakan tanaman dengan puluhan jenis yang beraneka ragam, masing masing jenis anggrek menyukai habitat tumbuh yang berbeda, namun secara umum anggrek bisa hidup dengan subur dengan beberapa jenis media tanam, misalnya seperti arang atau serabut kelapa. bagi kamu yang belum paham bagaimana cara membuat tanaman anggrek bisa tumbuh dengan subur, kamu bisa membaca artikel cara menanam anggrek agar subur dengan media serabut kelapa utuh dalam artikel ini.
Rahasia Anggrek Tumbuh Subur dengan Media Tanam Limbah Kelapa Utuh
tanaman anggrek di kelapa, sangat subur dan tumbuh dengan baik

selain menyuburkan anggrek dengan menanamnya di media buah kelapa, kamu juga bisa membiuat anggrek tumbuh subur dan sering mengeluarkan bunga yang cantik dengan membaca tips membuat anggrek tumbuh subur dan rajin berbunga lebat.

Cara Membuat Anggrek Menjadi Subur dengan Menanamnya di Batok kelapa utuh


tahukah kamu jika batok kelapa utuh yang masih memiliki serabut seperti sisa dari es kelapa muda memiliki banyak keunggulan untuk tanaman anggrek karena memiliki kandungan nitrogen yang cukup tinggi dan bisa menyimpan kelembapan dalam waktu yang cukup lama, sehingga kamu tidak perlu terlalu sering menyiram anggrek tersebut jika di tanam di batok kelapa utuh.

Potensi Limbah batok kelapa

batok kelapa merupakan limbah yang sering diabaikan, terutama saat memasuki bulan ramadhan dimana biasanya pedagang es kelapa muda menjamur di sepanjang jalan. nah dengan peluang ini kamu bisa memanfatkan batok kelapa tersebut sebagai media tanam anggrek yang murah dan praktis.

batok kelapa yang akan kita gunakan adalah batok kelapa yang masih memiliki serabut, atau dengan menggunakan kelapa yang masih utuh berbentuk bulat, namun isinya telah diambil untuk dikonsumsi atau untuk kebutuhan lainnya.

anggrek yang di tanam dengan menggunakan media batok kelapa ini akan tumbuh dengan subur dan baik sehingga bisa menumbuhkan bunga bahkan berkembang biak dalam waktu yang lama tanpa perlu melakukan repoting atau pengepotan ulang, ini sangat menguntungkan untuk kamu yang cukup sibuk untuk mengurus taaman dan ingin melakukan langkah yang mudah dalam hal perawatan tumbuhan.

kamu hanya perlu mencuci bersih dengan sedikit campuran fungisida sebelum menggunakan batok kelapa sebagai media tanam, selain itu media tanam ini bisa bertahan dalam jangka waktu yang cukup panjang yakni berkisar antara 7 sampai 8 tahun untuk mulai memikirkan mengganti media tanam yang baru. jadi media tanam dengan batok kelapa sangat saya rekomendasikan untuk kamu yang mencintai tanaman namun tidak memiliki banyak waktu luang untuk perawatannya.

Menanam Anggrek Di Serabut Batok Kelapa

menanam anggrek diresabut kelapa utuh sangat mudah untuk di lakukan, cara ini terbagi menjadi dua, pertama adalah menanam langsung ke kelapa yang kita miliki atau menanam anggrek dengan mengolah serabut kelapa terlebih dahulu, namun saya akan mencontohkan bagaimana cara menanam anggrek di kelapa secara langsung. berikut ini langkah-langkah menanam anggrek di batok kelapa.

Rahasia Anggrek Tumbuh Subur dengan Media Tanam Limbah Kelapa Utuh
anggrek di kelapa di gantung di green house sederhana

1. siapkan kelapa sebagai media tanam anggrek

mempersiapkan kelapa sebagai media tanam tanaman anggrek ini sangat penting untuk di lakukan, karena kelapa yang masih segar tidak bisa begitu saja dijadikan sebagai media tanam, setelah mendapatkan kelapa limbah atau cangkang dan serabut kelapa utuh kamu harus memprosesnya dengan beberapa cara misalnya sebagai berikut :

mencuci kelapa hingga bersih
mencuci kelapa sangat penting untuk menghilangkan kotoran dan zat berbahaya yang mungkin bisa membuat angggrek kita terserang berbagai macam penyakit. jika kamu mendapatkan kelapa ini dari pedagang kelapa muda atau dari pasar, kamu harus mencucinya hingga bersih agar kelapa tidak berjamur.

menjemur di bawah sinar matahari langsung
menjemur batong kelapa dengan serabutnya akan membuat serabut menjadi kering dan tua, sehingga kelapa akan terhindar dari serangan hama seperti pembusukan dan jamur pada tanaman, menjemur batok kelapa ini sangat penting dilakukan sampai kulit kelapa yang berwarna hijau menjadi coklat sampai pada serabut kelapanya.

pencucian dengan fungisida
setelah dirasa cukup kering dan sudah layak untuk di gunakan, langkah selanjutnya adalah menyemprotkan atau mencuci kembali dengan air yang di campur dengan fungisida untuk menghindari tumbuhya jamur yang bisa menjadi musuh utama dari tanaman anggrek anda.
serabut kelapa yang lembap dan subur menarik jamur untuk tumbuh di tempurung kelapa, oleh karena itu gunakan fungisida dan insektisida sebelum menjadikan kelapa sebagai media tanam dan lakukan penyemprotan secara berkala setelah di gunakan.

siap digunakan
setelah semua tahapan tadi telah selesai, kelapa akan siap digunakan untuk media tanam bunga anggrek kesayangan kalian yang bisa kamu kreasikan lebih banyak lagi sehingga tanaman anggrek menjadi cantik dan suur. jika kamu bingung kamu bisa mengantungnya di green house atau di teras rumah.

2. buat gantungan kelapa dengan kawat

langkah selanjutnya adalah membuat gantungan untuk pohon kelapa, siapkan kawat atau tali yang tahan lama agar gantungan lebih kokoh dan tidak mudah rusak.
ikat kawat tersebut pada permukaan buah kelapa, atau bisa di kreasikan cara mengikat yang anda inginkan, asal kokoh dan tidak mudah jatuh. saya menggunakan teknik mengikat seperti di bawah ini:
Rahasia Anggrek Tumbuh Subur dengan Media Tanam Limbah Kelapa Utuh
gambar cara mengikat kelapa untuk di gantung


caranya. masukan kawat pada lubang tempurung kelapa (saya menggunakan kelapa limbah kelapa muda sehingga lubangnya sudah ada tinggal memasukan kawat) kemudian di ikatan ujung kawat dengan kawat lainnya sehingga bisa menggantung dengan sempurna.
Rahasia Anggrek Tumbuh Subur dengan Media Tanam Limbah Kelapa Utuh
penampakan anggrek kelapa yang siap di gantung


jika kamu meletakan anggrek di dalam ruangan karena menanam jenis anggrek indor seperti anggrekbulan, maka tidak perlu membuat gantungan seperti ini, melainkan hanya mempersiapan wadah tatakan untuk kelapa misalnya dari piring tanah atau dengan media lain sehingga bisa mempercantik interior rumah anda.

3. tempelkan tanaman anggrek diserabut kelapa utuh dengan di ikat

langkah ini merupakan langkah inti untuk menanam tanaman anggrek di media tanam serabut kelapa utuh, ikatkan anggrek dalam media tanam kelapa dengan menggunakan tali atau kawat dan pastikan untuk menempelkan bagian akar pada seranut kelapa tersebut. lihat contoh gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya:

Rahasia Anggrek Tumbuh Subur dengan Media Tanam Limbah Kelapa Utuh
akar anggrek terlihat subur dan sehat mencengkram serabut kelapa


jika kalian tinggal di lingkungan yang memiliki suhu yang cukup tinggi, kamu bisa menambahkan serabut kelapa pada akar anggrek agar bunga anggrek lebih cepat beradap tasi. namun jangan menutup secara berlebihan karna bisa membuat akar menjadi busuk.

4. lepaskan ikatan setelah anggrek menyatu pada serabut kelapa

setelah akar tanaman angggrek menempel dengan benar pada buah kelapa, selanjutnya kamu bisa melepaskan tali pengikat tersebut agar tidak mengganggu pertumbuhan dan penampilan tanaman anggrek yang ditanam di kelapa.
pastikan untuk menjamin akar benar-benar telah mencengkeram dengan sempurna sehingga tidak mudah roboh dan goyang saat terkena hempasan angin.
Rahasia Anggrek Tumbuh Subur dengan Media Tanam Limbah Kelapa Utuh
anggrek di kelapa yang belum lama di pindahkan

5. lakukan penyiraman rutin

penyiraman anggrek bisa kamu lakukan dengan cara menyemprotkan air pada permukaan kelapa sehingga tetap lembap dan mengandung sedikit air.
meskipun tidak perlu terlalu sering di siram karena kelapa cenderung mengandung kelembapan yang baik dalam waktu lama, namun pada masa awal pertumbuhan akar pada kelapa, kamu harusmenjaga anggrek tetap terhidrasi dan tidak kekeringan agar bunga anggrek kamu bisa menumbuhkan akar dengan cepat dan tidak layu.

6. tidak perlu pusing memikirkan pupuk dan obat

serabut kelapa mengandung jumlah nitrgen yang lebih dari cukup untuk tanaman anggrek, ini membuat kita tidak perlu melakukan pemupukan yangberlebihan oada tanaman karena bisa dipastikan nutrisi pada sebuah batok kelapa bisa memenuhi satu tanaman anggrek dengan sangat cukup.

pemupukan dan pemberian obat bisa kamu lakukan dengan rentang waktu tertentu untuk pengoptimalan pemeliharaan seperti pemberian vitamin dan perawatan dari jamur dan serangga pengganggu tanaman.
Rahasia Anggrek Tumbuh Subur dengan Media Tanam Limbah Kelapa Utuh
anggrek yang berbunga dengan media tanam kelapa

7. gantung pada tempat yang cocok untuk jenis anggrek yang kamu pelihara

setiap jenis anggrek memiliki karakteristik yang berbeda-beda, misalnya anggrek dataran rendah hingga anggrek dataran tinggi. oleh karena itu lakukan perawatan dengan meletakan anggrek pada tempat yang sesuai, misalnya meletakan anggrek di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung untuk jenis tanaman anggrek yang tidak menyukai matahari.
Rahasia Anggrek Tumbuh Subur dengan Media Tanam Limbah Kelapa Utuh
anggrek vanda di kelapa

baca selengkapnya tentang jenis anggrek berdasarkan ketinggiannya secara lengkap disini.

8. selamat mencoba

tidak ada guru yang lebih baik dari pengalaman, olehkarena itu lakukanlah dengan mulai mencoba bagaimana cara merawat anggrek di kelapa, mungkin artikel ini tidak terlalu membbantu jika kamu tidak berani untuk mncobanya sendiri di rumah.

keunggulan menggunakan kelapa sebagai media tanam

banyak perdebatan mengenai media tanam yang paling ideal untuk tanaman anggrek. misalnya beberapa oranglebih suka dengan arang atau dengan batuan untuk dijadikan sebagai media tanam anggrek, tapi bebera orang lainnya menggunakan serabt kelapa untuk menanam anggrek, semuanya akan punya pengalamannya masing-masing dan kita tidk bisa memaksakan orang lain untuk sependapat dengan kita, namun selama menggunakan serabut kelapa saya mendapat kan beberapa keunggulan seperti berikut ini.

menyimpan kelembapan ideal untuk tanaman anggrek

serabut kelapa, terutama yang belum di kupas dan masih menyatu berbentuk buah kelapa dapat menyimpan kelembapan yang cukup tidak berlebihan maupun terlalu kering untuk tanaman anggrek. sehingga serabut kelapa ini sangat baik dugunakan untuk media tanam.

mengandung banyak nitrogen

kandungan nitrogen yang berlimpah akan menjadi nutrisi yang bisa menyuplai tanaman anggrek untuk tumbuh subur tanpa pemberian pupuk tambahan.

praktis digunakan

menggunakan kelapa tidak membutuhkan pot atau campuran media tanam da pupuk tambajan, sehingga media tanam ini dirasa cukup praktis untuk digunakan pada tanaman anggrek. media tanam yang tepat akan membuat tanaman anggrek sangat nyaman untuk tumbuh dan memunculkan bunga.

bisa tahan hingga 8 tahun

jika menggunakanmedia tanam lain kamu harus melakukan repoting dalam jangka waktu tertentu minil setahun sekali, untuk media tanam dari kelapa kamu tidak perlu melakukan hal tersebut karena media kelapa ini bisa bertahan hingga 8 tahun atau lebih.

mempercantik tampilan alami tanaman

menggunakan media tanam kelapa pada anggrek selain menyuburka juga membuat tampilan pohon bunga anggrek lebih elegan dan natural sehingga membuat kesan alami semakin kental dalam taman rumah kalian..

selain alami, menggunakan kelapa sebagai media tanam juga sangat di sukai oleh banyak penghobi anggrek karena membuat tampilan bunga anggrek menjadi lebih unik dan berkesan dibandingkan dengan menggunakan media lain seperti pot yang sudah sangat umum.

jenis anggrek yang bisa di tanam di buah kelapa

ada banyak jenis anggrek yang bisa di tanam dengan subur dengan menggunakan betok kelapa, misalnya saja adalah anggrek dendrobium dan anggrek vanda, selain itu anggrek bulan juga cocok dengan media tanam ini dengan peenempatan yang tidak perlu di gantung atau diletakan di dalam ruangan.

jenis tanaman anggrek sangat beragam, tercatat di dunia ini terdapat lebih dari 4 ribu jenis anggrek yang bisa di temukan, jumlah itu belum menghitung species yang dikembangkan di laboratorium karena keindahan bunganya dan persilangan jenis anggrek baru yang digunakan untuk kebutuhan pasar tanaman hias, kamu bisa membaca jenis anggrek secara umum di artikel diblog ini.

Tips menyuburkan anggrek

selain menggunakan kelapa untuk mdia tanam ada beberapa tips untuk menyuburkan tanaman anggrek yang kallian miliki dengan cara sebagai berikut.

penempatan : Penempatan tanaman anggrek sangat mempengaruhi bagaimana anggrek tersebut bisa tumbuh dengan baik, anggrek sangat bergantung pada kelembapan udara da suhu udara pada daerah tinggalnya. untuk menjaga anggrek agar tetap subur, maka letakan tanaman anggrek pada tempat yang sesuai dengan anggrek tersebut.

suhu udara yang ideal untuk tanaman anggrek adalah beraneka ragam, ini berkaitan dengan habitat asli tanaman anggrek tersebut, namun banyak jenis anggrek yang menyukai tempat teduh dan kelembapan udara yang tinggi untuk bertahan hidup.

penyiraman : penyiraman anggrek tidak perlu di lakukan terlalu sering, siram lah anggrek ketika medianya mulai mengering untuk menjaga agar akar tanaman anggrek tidak membusuk, selain itu ketika menyiram, jangan lupa untuk membasahi daun anggrek beberapa waktu sekali untuk membuat tampilannya tetap cantik dan bersih.

pemupukan tanaman anggrek biasanya dilakukan dengan tujuan tertentu, misalnya saja pupuk pembungaan atau pupuk pertumbuhan, untuk pembungaan biasanya penghobi memberikan beberapa jenis vitamin yang banyak di jual di toko online untuk membuat tanaman anggrek berbunga lebat.

pengendalian hama dalam tanaman anggrek tidak terlalu sulit, umumnya hama yang paling sering menyerang adalah jamur yang bisa kamu atasi dengan menyemprotka fungi sida pada tanaman anggrek beberapa minggu sekali.

selain cara perawatn agar tanaman anggrek subur kamu juga bisa membaca cara budidaya atau memperbanyak anggrek dengan cara yang mudah dalam blog ini, kamu bisa membaca cara budidaya dengan cara stek ataupun cara budidaya dengan pemisahan anakan atau keiki pada tanaman anggrek. selamat mencoba salam tanam |ilmukebun.com

0 Response to "Rahasia Anggrek Tumbuh Subur dengan Media Tanam Limbah Kelapa Utuh"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel