-->

Cara Mudah Membuat Sekam Bakar Atau Arang Sekam Untuk Media Tanam

sekam bakar merupakan media tanam yang paling banyak di gunakan untuk media tanam tanaman hias, selain sekam bakar biasanya pecinta tanaman menggunakan sekam mentah untuk dijadikan sebagai media tanam, kekurangan sekam mentah adalah sekam mentah biasanya belum matang untuk dijadikan media tanam sehingga akan mengeluarkan energi panas yang tidak di sukai tanaman, selain itu mengggunakan sekam bakar juga bisa sangat baik untuk tanaman karena sekam bakar lebih steril dan ama untuk di gunakan.

sekam sendiri merupakan kulit padi yang telah di giling dan hanya menyisakan kulitnya yang berbentuk beras tanpa isi. pada umumnya sekam padi merupakan limbah yang banyak dibuang begitu saja hingga di manfaatkan untuk bahan bakar ataupun keperluan industri, tapi kebutuhannya sangat kecil. sehingga sekam padi lebih sering dibuang daripada di manfaatkan.

padahal sekam padi sangat bermanfaat untuk dijadikan media tanam, terutama penggunaan sekam bakar yang hampir bisa di aplikasikan untuk banyak media tanam karena kelebihannnya.

beberapa kelebihan menggunakan sekam bakar

bersifat steril
sekam bakar trelah melalui proses pembakaran yang memungkinkan bakteri dan jamur mati ketika sekam tersebut dibakar. sehingga bisa dikatakan jika sekam bakar ini sangat berguna untuk tanaman terutama tanaman yang rawan terserang jamur.

tidak menyimpan air (porous)
sifat sekam bakar yang tidak menyimpan air membuat sekam bakar banyak di sukai oleh para pecinta tanaman yang kering. umumnya sekam bakar banyak di gunakan untuk jenis tanaman yang menyukai habitat yang tidak terlalu basah dalam waktu yang lama, seperti kaktus dan sukulen atau bahkan tanaman hias lain seperti bunga begonia. baca selengkapnya tentang bagaimana cara merawat dan memperbanyak bunga begonia.

mudah didapatkan
sekam bakar tentu saja terbuat daripadi yang melewati proses pengolahan dan pembakaran yang tidak sempurna, mengingat indonesia adalah negara agraris dengan pertanian mayoritas padi, maka mencari sekam bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan, ditambah sekam bakar ini juga banyak di jual di toko online maupun ofline dengan harga yang terjangkau.

harganya tidak mahal
seperti yang saya bilang tadi, harga sekam bakar ini tidak terlalu maha, bahkan jika dibandingakn dengan media tanam lain seperti cocopeat atau hidrogel, sekam bakar merupakan media tanam yang sangat irit dan mudah di dapatkan.
sekam bakar ini sangat enteng, ditambah biasanya orang menjualnya dengan sistem berat, jadi untuk ukuran satu kilo sekam bakar kamu bahkan bisa memperoleh satu plastik besar sekam bakar tersebut.

cocok diaplikasikan untuk banyak jenis tanaman
selain tanaman gurun yang tidak menytukai iklim basah, sekam bakar juga sangat cocok dikombinasikan dengan media tanam laiin sehinggi mencapai komposisi yang pas dan cocok untuk di gunakan semua jenis tanaman. media sekam biasanya menjadi media utama dalam pertanian tanaman hias, jika tidak percaya berkunjunglah ke salahsatu nursery dan kamu pasti melihat penggunaan sekam bakar atau sekam biasa untuk media tanam mayoritas tanaman di nursery tersebut.

mengandung nutrisi untuk tanaman
selain beberapa keunggulan diatas, sekam bakar juga mengandung banyak nutrisi untuk tanaman, sekam bakar mengandung banyak unsur hara yang bagus apalagi jika digabungkan dengan media tanam yang lain seperti kompos dan tanah humus maka sekam bakar ini sangat baik untuk meningkatkan kualitas pertumbuhan tanaman kesayangan anda.

Cara membuat sekam bakar/ arang sekam Dengan Mudah Dan Praktis

membuat arang sekam atau sekam bakar sebenarnya bisa di lakukan dengan beberapa cara. salahsatunya adalah dengan menyangrai sekam tersebut di dalam wajan dan terus di aduk-aduk. namun pembuatan sekam bakar atau arang sekam dengan metode disangrai ini sangatlah merepotkan dan tidak efektif jika di lakukan untuk kebutuhan masal dan membuang energi berlebihan misalnya menggunakan kompor atau kayu bakar yang berimbas pada melonjaknya ongkos produksi, olehkarena itu saya akan memberi langkah-langkah yang lebih mudah untuk mebuat sekam bakar. yaitu dengan cara membakar arang dengan menggunakan cerobong dari kawat jaring.

Alat dan Bahan yang di butuhkan

membuat sekam bakar dengan metode pembakaran cerobong ini sangat efektif dan merupakan cara yang paling banyak di gunakan, saya juga sering menggunakan cara ini jika stok arang sekam saya habis. cara ini selain mudah di lakukan juga tidak membutuhkan tenaga dan waktu yang lama.
alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat sekam bakar :

sekam mentah
sekam mentah ini bisa kamu dapatklan dari pedagang tanaman ataupun membelinya langsung dari para petani padi yang mempunyai mesin gilingan padi, atau biasanya kalau di desa disebut slipan.harganya biasanya murah dan berfarias tergantung daerah tempat tinggal anda ada yang gratis dan ada juga yang harus membeli dengan harga tertentu tapi gak mahal kok. biasanya hanya untuk mengganti karung dan tenaga yang di gunakan.

pemantik api
pemantik api yang saya maksud adalah sumber api yang bisa digunakan untuk menyulit api seperti korek api misalnya, atau kamu bisa menggunakan alat lain yang bisa memicu api.

kawat jaring
kawat jaring yang harus kamu gunakan ini merupakan kawat jaring yang sering di gunakan untuk kebutuhan konstruksi, untuk ukuran kawat jaring yang di butuhkan sangat berfariasi tergantung jumlah sekam yang ingin kamu bakar, kawat ini akan di gulung seperti pipa, semakin besar diameternya maka semakin cepat pembakaan tersebut berlangsung (pengalaman pribadi)

daun kering atau kertas
kamu membutuhkan pemicu pembakaran untuk membakar sekam, kamu bisa menggunakan daun kering, kertas bekas atau  bahan lain yang mudah terbakar seperti limbah cangkang dan serabut kelapa.

sekop untuk mengaduk
gunakan sekop yang tidak mudah terbakar karena kita akan mengaduk sekam yang memiliki suhu panas agar tidak menjadi abu tetapi hanya terbakar dengan sempurna.

air sprayer
air ini akan kita gunakan untuk mendinginkan sekam agar bisa langsung kita gunakan, usahakan untuk menggunakan air yang bersih agar tidak meracuni tanaman jika sekam akan digunakan untuk media tanam.

gunakan penyemprot air ketika mendinginkan sekam, ini akan lebih efektif dan hemat air daripada saat kamu menyiramnya secara langsung.

langkah-langkah membuat Media Tanam Sekam Bakar

setelah mempersiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan pembakaran sekam sehingga menjadi arang sekam atau sekam bakar dengan pembakaran yang tidak smpurna sehingga sekam berubah menjadi arang tanpa dan tidak lembut seperti abu.

berikut ini cara untuk membakar sekam menjadi arang sekam untuk media tanam yang bagus untuk tanaman :

1. gulung kawat jaring membentuk cerobong dan letakan tegak lurus

biasanya ketika membeli kawat ram atau kawat jaring, kalian akan membeli dengagn ukuran pemeterberbentuk lembaran, kawat ini biasanya di gunakan di bidang konstruksi dengan nama kawat jaring, kawat ram atau kawat ayak. setelah mendapatkan kawat ayak tersebut langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menggulung kawat tersebut berbentuk pipa atau tabung dengan diameter 20- 40 Cm. berdasarkan pengalaman, makin banyak sekam yang ingin kamu bakar maka semakin besar diameter kawat yang akan digunakan menjdai lebih baik. karna semakin besar diameter kawat bakar yang kamu gunakan maka hasilnya akan semakin cepat.

gulungan kawat berbentuk tabung ini kamu letakan di tanah atau tempat pembakaran dengan posisi tegak seperti cerobong asap. selanjutnya ikuti langkah di bawah ini.

2. letakan sekam bakar di sekeliling kawat ram 

setelah memposisikan kawat ram sebagai cerong, selanjutnya letakanlag sekam mentah tadi pada bagian samping-samping dari kawat ram sehingga mengitari kawat ram tersebut secara merata. buatlah bentuk seperti gunung atau segitiga untuk memaksimalkan proses pembuatan sekam bakar.

jika membingungkan, kamu bisa melihat contoh gambar membuat sekam bakar pada gambar di bawah ini:

Cara Mudah Membuat Sekam Bakar Aratau Arang Sekam Untuk Media Tanam
sekam bakar yang telah di letakan di sekeliling tabung jaring kawat ram

3. berikan sobekan kertas didalam kawat

setelah membentuk gunung berapi dengan menggunakan cerobong kawah dari kawat jaring/ kawat ram, untuk memulai pembakaran sekam bakar agar menjaidi media tanam yang bagus kamu harus meletakan beberapa daun kering atau cangkang kelapa dan bisa juga menggunakan kertas bekas untuk memicu api terbakar secara merata di tengah gunung sekam yang kamu buat tersebut.

Cara Mudah Membuat Sekam Bakar Aratau Arang Sekam Untuk Media Tanam
posisi kawat ram saat ingin membakar sekam sehingga arang sekam menjadi sempurna

4. bakar bagian tengah kawat

nyalakan api di bagian tengah sekam tepatnya pada lubang kawah gunung di dalam kawat ram tersebut, biasanya api akan menyala dengan cepat di dalam atau di tengah sekam tersebut, jangan khawatir  dan takut sekam bakar yang kamu buat akan menjadi abu meskipun sudah pasti gosong, selagi kamu mengikuti langkah-langkah diatas untuk membuat sekam bakar dan langkah di bawah ini selanjutrnya maka bisa di jamin sekam bakar yang kamu buat akan memiliki kualitas yang setara dengan sekam bakar yang di jual di pasaran.

5. pastikan apinya menyala dengan sempurna

ketika membakar bagian tengah sekam, pastikan untuk membuat api membakar dengan sempurna dan membuat keseluruhan bagian dalam sekam di cerobong/ tabung kawat ram telah terbakar. umumnya ditandai dengan sekam yang menyala merah seperti arang.

6. biarkan sekam terbakar

jangan panik dan takut selama pembakaran di cerobong sekam akan terbakar hingga menjadi abu, santai saja karna beberapa waktu kemudian api akan mati dan berubah menjadi asap yang mengepul beberapa lama sampai sekam menjadi arang dengan sempurna.
biarkan asap ini terus mengepul , tapi jangan meutup lubang kawat ram di tengah pembakaran karna bisa membuat sekam menjadi abu.

biarkan proses ini berjalan beberapa jam sampai bagian luar permukaan sekam mulai menghitam dan mengeluarkan asap. lalu kamu lanjutkan dengan langkah di bawah.

7. aduk setelah bagian luar sekam mulai menghitam

setelah warna sekam di permukaan mulai menghitam, lakukan pengadukan dengan cepat dan merata karena jika tidak segera di aduk biasanya sekam akan terbakar hingga menjadi abu, olehkarena itu cepat aduk agar sekam menjadi hitam secara keseluruhan dan merata.
lakukan langkah ini secara terus menerus sampai sekam menjadi hitam secara keseluruhan.


Cara Mudah Membuat Sekam Bakar Aratau Arang Sekam Untuk Media Tanam
sekam bakar yang mulai menghitam

8. semprotkan air setelah sekam terbakar sempurna sambil diaduk

setelah sekam secara sempurna menjadi arang, atau sering di sebut sekam bakar. langkah selanjutnya adalah menyemprotkan air pada sekam yang telah menghitam agar api padam dan sekam tidak terbakar menjadi abu.

penyemprotan air dilakukan dengan cara di aduk, karena jika kamu hanya menyemprotkan atau membasahi bagian luar, bagian dalam sekam akan tetap terbakar. ingat peribahasa bagai api dalam sekam? yup!, diluar memang tidak terlihat, tapi lama kelamaan semua sekam bisa berubah menjadi abu tanpa diketahui jika api tidak benar-benar dipadamkan.

9. biarakn sekam menjadi dingin

sekam bakar yang telah terbakar tidak sempurna (menjadi arang) telah siap digunakan setelah sekam benar-benar dingin. oleh karena itu angin-anginkan sekam sambil terus menyemprotkannya dengan air, membuat sekam segera dingin bisa dengan cara meratakan sekam yang tadinya berbentuk seperti gunung hingga rata dengan tanah atau lantai. dan terus menyemprotklan air hinga api benar-benar mati dan sekam menjadi dingin.
Cara Mudah Membuat Sekam Bakar Aratau Arang Sekam Untuk Media Tanam
sekam bakar yang menghitam dengan sempurna dan siap digunakan setelah dingin

10. arang sekam siap digunakan atau di simpan

setelah dingin, gunakan arang sekam ini sebagai media tanam, baik itu secara langsung maupun dengan tambahan campuran media tanam tertentu. media tanam dari sekam bakar ini bisa kamu gunakan untuk berbagai tanaman, misalnya saja tanaman hias ataupun tanaman lain seperti hidroponik atau tanaman buah dalam pot.

campuran media tanam yang bisa di gabungkan dengan sekam bakar.

beberapa campuran yang bisa kamu gunakan dengan sekam bakar sangatlah banyak, ini bisa kamu sesuaikan dengan jenis tanaman yang akan kamu tanam, kamu harus memahami karakter tanaman yang akan kamu rawat dengan menggunakan sekam bakar, misalnya jika kamu ingin merawat Moss rose atau krokot. kamu bisa menggunakan sekam bakar dengan campuran tanah humus atau pupuk kandang tanpa tanah, karena moss rose atau krokot merupakan tanaman hias yang menyukai media tanam yang kering, sehingga sekam bakar tanpa campuran sangat cocok digunakan untuk jenis tanaman ini.

namun cara ini tidak berlaku untuk jenis tanaman yang menyukai media tanam yang lembap seperti caladium atau keladi hias. kamu harus mengombinasikan media tanam sekam bakar dengan media tanam yang memiliki kelembapan tinggi seperti cacahan daun bambu atau cocopeat untuk media tanam keladi hias. baca lebih banyak tentang merawat tanaman caladium disini.

Harga sekam bakar

harga sekam bakar sebenarnya tidak mahal dan cukup terjangkau, kamu bisa membeli sekam bakar dan melihat harganya di marketplace online yang banyak tersedia seperti shopee, bukalapak atau tokopedia, disana kamu bisa melihaat fariasi harga sekam bakar yang baik digunakan untuk tanaman.
namun jika kamu bisa membuat sekam bakar sendiri, pastinya pengeluaran untuk membeli sekam bakar akan berkurang dan kamu bisa memaksimalkan perawatn untuk tanaman hias kesayangan kamu pada akhirnya.
baca juga cara merawat tanaman yang layu karna stress pengiriman jauh

selamat mencoba dan bagika pengalamanmu membakar sekam menjadi arang sekam di komentar ya bubun atau pakbun. selamat mencoba |ilmukebun.com

Referensi : beberapa poto berasal dari facebook grup KPPTH

0 Response to "Cara Mudah Membuat Sekam Bakar Atau Arang Sekam Untuk Media Tanam"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel