-->

Ketahui 11 Jenis "Media Tanam Yang Tepat Untuk Kantong Semar (nepanthes)" berdasarkan jenisnya

Tanaman kantong semar atau biasa di sebut Nepanthes merupakan tanaman karnivora endemik asli indonesia dan sekitarnya, tanaman ini banyak di buru kolektor dan pembudidaya untuk di kembangkan karena keunikannya dan kelangkaannya, sayangnya banyak orang gagal untuk menanam tanaman asli kalimantan dan sumatra ini akibat dari kurangnya pemahaman tentang Nepanthes..

kunci utama dalam budidaya atau perawatan kantong semar (nepanthes) terletak pada intensitas cahaya matahari dan pemilihan media tanam yang tepat.

lalu apa saja sih media tanam yang bagus untuk nephantes ini ?, berikut ini ulasan tentang beberapa jenis media tanam yang cocok digunakan untuk tanaman kantung semar atau beberapa jenis tanaman predator lainnnya seperti venus fly trap.

Mengenal tanaman kantong semar

kantong semar disebut juga sebagai monkey cup plant dalam bahasa inggris, tanaman ini memiliki kurang lebih 100 jenis yang berbeda dengan 63 diantaranya terdapat di indonesia, khusunya kalimantan dan sumatra. jenis nepanthes sendiri terus bertambah dari tahun ke tahun di tambah dengan penyilangan tidak alami yang di lakukan oleh manusia.

media tanam yang tepat untuk kantong semar


tanaman kantong semar ini konon pertamakalai di temukan dan di catat pada tahun 1689 oleh J.P Breyne dan menjadi tanaman langka yang diutamakan pelestariannya di indonesia, namun meskipun masuk dalam kategori tanaman dilindungi, keberadaan kantong semar di alam terus terancam akibat dari kerusakan hutan, pelebaran perkebunan sawit dan perburuan kantong semar ilegal untuk di slundupkan di luar negri.

oleh karena itu, pelestarian dan pembudidayaan kantong semar dirasa sangat penting dan perlu untuk dilakukan sebagai bentuk pelestarian tanaman endemik indonesia ini agar tidak punah.

tanaman kantong semar sendiri sebenarnya tidak memerlukan perawatan khusu, bahkan beberapa jenis kantong semar terbiasa hidup di media tanam yang beracun untuk tanaman lain karena mengandung logam berat atau minim unsur hara, namun ketika di pindahkan kedalam pot kantong semar sering mati dan terhambat pertumbuhannya.

ini kartena penggunaan media tanam yang salah dan tidak cocok untuk keluarga nepanthes tersebut. lalu media tanam apa yang baik dan cocok untuk tanaman nepantes ini?

Menentukan media tanam yang baik untuk nepantes / Kantong semar


menentukan media tanam yang cocok untuk kantong semar atau nepantes biasanya berkaitan dengan jenis dan habitat tumbuh tanaman kantong semar itu sendiri, namun umumnya, tanaman nepantes merupakan tanaman yang yang menyukai media tanam dengan tingkat kelembapan yang tinggi dengan tingkat mineral yang rendah dan keasaman yang tinggi.

nepantes atau kantong semar juga terbagi dalam 2 jenis habitat tumbuh berdasarkan ketinggian tempat tumbuhnya, klasifikasi ini akan mengharuskan anda untuk melakukan perawatan yang berbeda terhadap masing-masing jenis nepantes tersebut. karena perbedaan zona tumbuh juga akan mempengaruhi kebutuhan intensitas cahaya dan suhu yang diberikan untuk kantong semar.

berikut ini pembagian habitat nepanthes (kantong semar) berdasarkan habitat tumbuhnya :

1. kantong semar dataran rendah (lowland nepanthes)

tanaman kantong semar dataran rendah banyak di temukan di daerah kalimantan mulai dari daerah pesisir hingga pedalaman hutan yang masih dikategorikan sebagai dataran rendah.

kantong semar yang banyak tumbuh di dataran rendah ini berkisar di ketinggian 0 sampai 500 Mdpl dan beberapa diantaranya di temukan sampai dengan ketinggian 800 Mdpl (meter diatas permukaan laut). suhu yang dikehendaki pada tanaman kantong semar dataran rendah ini berkisar antara 25 s/d 35 °C, suhu malam berkisar 19 s/d 25 °C, intensitas cahaya tinggi (bisa full sun atau partial sun) yang berarti tanaman ini lebih senang berada di terpaan sinar matahari sepanjang waktu tanpa naungan.
 beberapa jenis kantong semar bahkan lebih menyukai tempat yang panas dan disinari matahari secara penuh sepanjang hari namun dengan media yang tetap lembab dan tidak kering. wah lagi-lagi kunci dari menanam kantong semar ini ada pada media tanamnya. tapi sebelum kita bahas media tanam lanjut dulu ke kantong semar dataran tinggi.

2. kantong semar dataran tinggi (highland nepanthes)


merupakan jenis nepe yang bisa hidup di tempat dengan ketinggian diatas 800Mdpl bahkan beberapa diantaranya pernah ditemukan pada ketinggian 300mdpl namun umumnya mereka lebih banyak ditemukan pada ketinggian 100 sampai 200 mdppl.

untuk jenis tanaman kantong semar dataran tinggi ini relatif lebih sulit untuk di budidayakan daripada kantung semar dataran rendah, karena jika orang yang tinggal di dataran rendah ingin menanam nepantes higland maka mereka minimal harus menanamnya didalam ruangan dengan lampu uv dan pendingin.

Media Tanam Yang Tepat Untuk Kantong Semar (nepanthes

kantung semar dataran tinggi menghendaki suhu ideal untuk tumbuh denga kisaran suhu siang 21 s/d 25 °C, dan malam berkisar 18 s/d 7 °C, intensitas cahaya sedang yang artinya nepanthes highland menyukai tumbuh di bawah naungan atau dengan intensitas cahaya yang tidak terlalu tinggi.

kamu harus mengetahui jenis nepanthes atau kantong semar yang kamu rawat untuk mengetahui karakter suhu dan habitat ideal dari tanaman tersebut namun saya akan membahas artikel tentang jenis-jenis kantong semar berdasarkan habitat tumbuhnya pada artikel yang berbeda, tetap stay di web ini untuk menunggu update artikel tersebut ya.

pada kesempatan ini saya akan membahas media tanam yang umum di gunakan untuk nepantes atau kantong smer, baik itu untuk nepantes dataran rendah maupun dataran tinggi, karna pada umumnya kebutuhan media tanam nepanthes ini sama saja dengan keasamanan netral cenderung asam dan kelembapan yang tinggi serta kadar mineral seminimal mungkin,  karena kantong semar biasa tumbuh di tempat yang extreem sehingga memanfaatkan kantongnya dengan maksimal untuk menyerap nutrisi.

Media Tanam Untuk Kantong Semar (nepanthes)

setelah memahami sedikit tentang nepantes dan kondisi habitat idealnya maka berikut ini beberapa jenis media tanama yang dibutuhkan oleh nepantes atau kantong semar agar tumbuh subur dan sehat.

beberapa media tanam tersebut bisa kamu kreasikan sendiri baik percampurannya maupun substitusinya yang memiliki karaktes sama dengan media tersebut sehingga cocok untuk diterapkan pada tanaman kantong semar berikut ini beberapa jenis media tanam yang biasa di gunakan untuk nepanthes atau kantong semar.

Media Tanam Untuk Kantong semar (nepantes)

Kantong semar dikenal dengan beberapa nama di Indonesia misalnya saja pada daerah kep riau di sebut dengan priuk monyet, di bangka dengan nama ketakung dan pada daerah jawa barat di sebut dengan tanaman raja mantri. nah setelah mengetahui informasi tersebut beberapa media tanam kantong semar diantaranya adalah sebagai berikut :

media tanam untuk kantong semar secara singkat adalah :
  1. pot
  2. spagnum moss
  3. perlite
  4. sekam bakar
  5. cocopeat
  6. cacahan akar pakis
  7. bata merah halus
  8. arang dan ziloit
  9. pasir silica
  10. cacahan kulit pohon pinus
  11. Lumut

penjelasan Media tanam Kantong semar

Media Tanam Yang Tepat Untuk Kantong Semar (nepanthes

media tanam sekunder kantong semar


pada artikel media tanam lain biasanya saya tidak memasukan pot dalam bahasan khusu, tapi karna ini merupakan kantong semar yang emmiliki keunikan dan karakter tesendiri dibandingkan banyak tanaman lain, maka saya pikir perlu untuk membahas pot lebih lanjut.

memilih pot yang akan kita gunakan untuk tanaman kantong semar ini cukup penting. menggunakan pot yang tepat pada nepanthes akanmembuat tanaman lebih subur dan nyaman untuk tumbuh. pot yang banyak di gunakan untuk kantong semar biasanya adalah pot gantung tanpa tatakan air dibawahnya, atau bisa juga menggunakan pot berbentuk kotak tinggi agar kantong nepanthes tidak terbaring di tanah. selain itu pemilihan pot sangat dipengaruhi oleh karakter tanaman tersebut, misalnya pada nepanthes higland anda bisa menggunakan pot dengan bentuk jaring seperti yang sering digunakan pada anggrek vanda.

Media Tanam Yang Tepat Untuk Kantong Semar (nepanthes

spagnum moss untuk menjaga kelembapan media tanam


tanaman kantung semar atau nepe ini sangat suka dengan media tanam yang ememiliki kelembapan tinggi terutama diatas 50%, media tanam yang cocok untuk menyediakan kelembapan tinggi tersebut diantaranya adalag spagnum moss. media tanam ini berasal dari lumut gambut yang telah di keringkan dan di proses sehingga cocok untuk media tanam. 

sayangnaya  harga spagnum moss ini masih cukup relatif tinggi jika dibandingkan dengan media tanam lain. namun penggunaannya juga harus di campur dengan media tanam lain seperti pasir silica atau dengan media tanam lain yang memiliki porousitas tinggi.

Perlite Untuk media tanam

bagi kamu yang belum mengetahui apa itu perlite, perlite merupakan batuan vulkanik yang dipanaskan dengan suhu tinggi, perlite biasanya berwarna putih dan banyak di jual di toko vilter air atau toko ikan dan aquascape.  perlite ini sangat cocok digunakan untuk meningkatkan porousitas media karna sifatnya yang tidak menyerap air dan rendah mineral sehingga sangat cocok digunakan untuk tanaman kantong semar maupun venus fly trap.

Sekam Bakar / Arang sekam


sekam bakar bukan merupakan media tanam yang asing untuk para penghobi tanaman hias, sekam bakar ini salahsatu media yang cukup populer untuk meningkatkan porousitas media tanam, penggunaan sekam bakar untuk kantong semar difungsikan untuk menggantikan perlite yang berharga maha. sayangnya sekam bakar juga memiliki kekurangan karena media ini mudah hancur dan menjadi padat dalam jangka waktu yang lama. olehkarena itu usahakan untuk menggunakan media sekam bakar yang masih berbentuk bagus dan belum hancur sehingga dapat berfungsi dengan baik.
Baca juga : cara membuat sekam bakar dengan mudah

Cocopeat


spagnum untuk media tanam kantong semar mungkin akan sangat mahal bagi beberapa orang, olehkarena itu kamu bisa menggantikannya dengan menggunkan cocopeat yang memiliki harga relatif lebih murah.

sayangnya media tanam cocopeat ini jika ditempatkan pada lingkungan yang lembap secara terus menerus akan berubah menjadi bubur. sehingga rawan berjamur dan menimbulkan penyakit pada tanaman, olehkarena itu jangan malas untuk mengganti media tanam pada kantong semar kesayangan ada.

Lumut Hidup sebagai Toping Media tanam


kamu pasti familiar melihat tanaman fenus fly trap atau kantong semar dengan pot yang dipenuhi dengan lumut atau jenis pakis-pakisan kecil. penggunaan lumut tersebut memiliki tujuan untuk mengurangi penguapan tanah dan meningkatkan kelembapan media tanam. penggunaan lumut tersbut bisa kamu lakukan dengan membeli lumut hidup atau mencarinya sendiri. tapi kamu juga harus rajin mencabut rumput liar yang terbawa oleh lumut hidup tersebut karena biasanya lumut hidup yang diambil dari hutan banyak membawa benih rumput liar yang ikut terangkat ketika lumut diambil.

Media Tanam Yang Tepat Untuk Kantong Semar (nepanthes

Tumpbukan Bata Untuk media tanam


perlite yang terllau mahal bisa kamu substitusikan dengan media tanam lain seperti sekam bakar, namun jika sekam bakar juga kurang cocok, kamu bisa menggunakan media ini. yup kamu bisa memanfaatkan tumbukan batu bata merah yang biasa digunakan untuk bahan konstruksi sebagai media tanam kantong semar. tapi penggunaan media tumbukan batu bata juga memiliki kekurangan yaitu jika kamu menumbuknya terlalu halus, media tanam ini bisa membuat lubang drainase pot tertutup dan air menjadi tergenang kemudian membuat kantong semar mati karna akarnya membusuk.

cacahan akar pakis


cacahan akar pakis bisa kamu dapatkan di toko tanaman yang khusu menyediakan tanaman anggrek, cacahan akar pakis ini juga sering digunakan oleh para penghobi anggrek untuk media tanam anggrek yang masih berusia kecil, namun jika cacahan pakis ini masih terlalu besar, kamu juga bisa mencacahnya lagi samapi mudah untuk diaduk dan di campur dengan media tanam lain. konon cacahan pakis ini malah lebih bagus daripada perlite karna cacaha pakis sangat rendah mineral.
baca juga : cara membuat anggrek tumbuh subur dan berbunga lebat

Pasir Silika atau lebih bagus dengan pasir kerangas


pada habitat aslinya tanaman kantong semar banyak tumbuh di pinggiran rawa dengan media tanam pasir kerangas yang berwarna putih identik dengan sungai di kalimantan. namun karena pasir ini biasanya tidak di jual di toko tanaman kamu bisa menggantinya dengan pasir silika yang banyak di jual di toko filter air mapun toko ikan hias, namun jika kamu membelinya di toko ikan biasanya harganya cukup mahal, jadi saya sarankan untuk mencari alternatif toko lain untuk menghemat hehe. selain itu media tanam pasir silika juga memilki tantangan tersendiri karena pasir silika cenderung berat dan lama-kelamaan akan berkumpul di bawah pot, jadi kamu harus memiliki teknik khusus untuk mempertahankan pasir tetap tercampur rata denga cocopeat atau spagnum moss.

Media Tanam Yang Tepat Untuk Kantong Semar (nepanthes
habitat alami kantong semar

Arang zeolit


arang dan batuan zeolit merupakan unsur yang bisa menyerap kandungan mineral sehingga media tanam bersifat netral, penggunaan arang dan batuan ziolit ini biasanya diletakan pada dasar pot untuk penyerapan mineral secara optimal. tapi media tanam ini bersifat tidak wajib dan obsional, sebagain besar penghobi tanaman kantong semar tidak menganggap kejadiran arang dan batuan ziolit sebagai unsur wajib dalam media tanam kantong semar.

cacahan kulit pohon pins untuk mencegah jamur


cacahan kulit pohon pinus merupakan salahsatu komponen media tanam yang sangat saya rekomendasikan untuk anda gunakan, karena kulit pohon pinus ini merupakan fungisida organik dan bisa menjaga kelembapan tanah dalam waktu yang lama, cacahan kulit pohon pinus juga bisa sangat berguna untuk menghemat spagnum yang berharga mahal. sayangnya cacahan kulit pohon pinus ini sangat sulit untuk di cari.
Media Tanam Yang Tepat Untuk Kantong Semar (nepanthes

secara garis besarbeberapa jenis media tanam diatas dapat dikelompokan sebagai dua kelompok utama yaitu media tanam yang menyediakan kelembapan seperti spagnum, cocopeat, dan toping lumut. kemudian media tanam yang menghasilkan drainase atau porousitas yang baik untuk tanaman seperti pasir dan perlite. lalu langkah selanjutnya adalah menggabungkan media tanam tersebut dengan perbandingan 1;1 dengan memilih media tanam  yang mana yang cocok dengan pilihan kamu, tidak perlu mencampurkan semuanya. hanya pilih dua saja dengan fungsi kelembapan dan porositas.

lalu tambahkan toping dengan lumut hidup diatasnya untuk mengurangi penguapan dan mencegah tumbuhnya jamur.

nah itulash sedikit uraian tentang media tanam nepantes atau kantong semar, ada banyak sekali jenis kantong semar di indonesia dan sebagian besar diantaranya adalah tanaman langka, oleh sebab itu saya sarankan untuk anda mengetahui tentang hukum merawat tanaman langka dan mengetahui jenis kantong semar apasaja yang dilindungi.

Pupuk Untuk kantong semar

tanaman kantong semar tidak memerlukan pupuk khusus karna pada dasarnya tanaman ini tumbuh di tempat dengan minim unsur hara dan bahkan cenderung beracun untuk tanaman lain, olehkarena itu cukup memberikan nutrisi makanan serangga untuk kantong semar agar serangga tersebut bisa di cerna oleh kantong semar sehingga bisa di serap sebagai nutrisi.
baca juga : cara membuat pupuk organik untuk pertumbuhan tanaman

pastikan juga untuk merawat kantong semar kalian dengan sepenuh hati agar bisa tumbuh sehat dan subur. jika kalian memiliki opsi media tanam lain yang lebih baik berdasarkan pengalaman kalian, kamu bisa menuliskannya di komentar untuk menyempurnakan artikel ini.

Referensi :
https://www.kebunpedia.com/threads/pemilihan-media-tanam-nepenthes-yang-tepat.4249/
https://id.wikipedia.org/wiki/Kantong_semar

0 Response to "Ketahui 11 Jenis "Media Tanam Yang Tepat Untuk Kantong Semar (nepanthes)" berdasarkan jenisnya"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel