-->

9 Langkah Mudah Membuat / menanam Microgreen sendiri

Microgreen bagi Beberapa orang di indonesia mungkin masih menjadi sesutu yang asing dan aneh di telinga, padahal sayuran ini sedang menjadi trend baru di dunia makanan sehat karena kandungan gizinya yang berkalilipat dari sayuran biasanya.

banyak rujukan yang mengatakan bahwa microgreen ini terbukti memiliki kandungan berkalilipat dari sayuran pada umumnya, lalu sebenarnya apa yang di maksud micro green itu?

Apa Yang Dimaksud Microgreen ?


microgreen

Microgreen merupakan sayuran yang dipanen saat usaianya masih kecil, umumnya berusia 2 sampai 7 hari setelah berkecambah dengan ketinggian sekitar 5cm, sesuai namanya microigreen berarti sayuran hijau kecil, karna micro berarti kecil dan grren berarti hijau. jadi bisa disimpulkan jika microgreen berarti sayuran yang berukuran kecil.

terdapat perbedaan pendapat tentang pemanenan yang tepat sehingga dapat disebut microgreen, namun jika kita melihat secara umum terdapat siklus hidup tanaman sayuran yang dibagi dalam beberapa tahapan, yaitu fase kecambah, fase remaja dan sayuran dewasa, microgreen yang banyak di konsumsi berada pada tahapan ketika daun sejati belum muncul atau sudah muncul satu atau dua helai, konon semakin kecil usia tanaman maka semakin banyak juga konsentrasi nutrisi yang didapatkan. yup perdebatan ini bukan masalah besar semuanya tergantung selera anda untuk memanen microgreen dengan usia 1-2 minggu atau bahkan lebih dari itu.

microgreen banyak dijual di supermarket dan bahkan di pedagang sayuran di toko kecil di luar negri, namun di indonesia, microgreen masih belum terlalu populer sehingga masih  sulit didapatkan dan memiliki harga yang relatif tinggi. sehingga akan lebih menguntungkan jika kamu menanam microgreen sendiri daripada membelinya di supermarket.

sayuran apasaja yang bisa dibuat sebagai Microgreen?

microgreen

berbagaimacam sayuran bisa dibuat menjadi microgreen, seperti sawi, selada, bayam, gandum, atau jenis sayuran lain, bahkan gandum juga bisa dibuat sebagai microgreen. karna pada dasarnya hampir semua tanaman sayuran bisa dibuat menjadi microgreen. bahkan beberapa tanaman selain sayuran juga bisa dikonsumsi sebagai microgreen seperti bunga matahari yang kerap di makan sebagai salad. 
beberapa sayuran microgreen yang populer dan banyak dibuat oleh orang-orang biasanya antara lain adalah sebagai berikut :

  1. bayam (semua jenis bayam)
  2. kacang hijau
  3. kacang kedelai
  4. sawi
  5. semua jenis selada
  6. kangkung
  7. kemangi
  8. lobak 
  9. gandum
  10. dan masih banyak lagi.

daftar diatas yang saya sebutkan merupakan sebagian kecil sayuran yang bisa dibuat menjadi microgreen, karna pada dasarnya microgreen ini dapat dibuat dengan berbagaimacam tumbuhan bahkan diluar tumbuhan sayuran namun lebih banyak digunakan dengan menggunakan bibit sayuran yang biasa di konsumsi. kamu juga bisa mencampur benih yang ingin di tumbuhkan dalam microgreen untuk membuat salad atau makanan sehat lainnya.
selain microgreen kamu juga bisa membaca 10 jenis sayuran yang bisa ditanam di halaman rumah

Cara Menanam Microgreen

ini adalah bagian yang paling saya suka dari microgreen karena microgreen memiliki keunggulan yang tidak bisa ditemui pada tanaman sayuran manapun, yaitu bisa ditumbuhkan dimana saja, ruang tamu, dapur, ruuftop atau bahkan di kamar anda sendiri. yangpenting tempat tersebut memiliki cahaya dan microgreen dapat ditanam dengan menggunakan wadah khusus atau hanya dengan botol atau piring dengan disiram secara rutin.

tapi meskipun terdengar mudah ada beberapa langkah-langkah atau cara tertentu yang wajib kamu ketahui untuk menanam microghreen. berikut ini ulasan bagaimana cara menanam microgreen yang baik dan benar.

mempersiapkan alat dan bahan untuk membuat microgreen.

alat dan bahan untuk membuat sayuran sehat berumur bayi ini (duh jadi ga tega buat makan) microgreen sangat mudah untuk di tanam dengan terlebih dahulu menyiapkan alat dan perlengkapan berikut ini :

  • tray semai microgreen (bisa diganti dengan nampan atu sejenis)
  • media tanam (rockwol, Sekam bakar, cocopeat, tanah, kompos dll)
  • bibit sayuran (bibit apasaja yang pengen kamu tanam)
  • sprayer
  • air
  • plastik penutup
  • gunting
  • skop

Langkah- langkah Menanam Microgreen Sendiri

tips memilih dan mempersiapkan benih

untuk menanam microgreen yang pasti kamu harus memiliki benih berkualitas baik, olehkarena itu kamu harus membeli benih yang memiliki kualitas unggul, benih yang baik akan berkecambah dengan cepatr dan presentase perkecambahan yang lebih tinggi. ada banyak merek benih yang dijual di pasaran khusunya di indonesia, kamu bisa mengunjungi toko bibit atau toko pertanian terdekat dari rumah kamu untuk mencari bibit sayuran yang akan kamu tanam sebagai mirogreen namun perhatikan untuk mengecek waktu kadaluarsa bibit tersebut dan usahakan untuk memilih bibit yang tidak mengandung fungisida. bibit yang mengandung fungisida biasanya berwarna biru muda seperti telor asin, jika benih memiliki serbuk seperti itu sudah bisa di pastikan benih tersebut mengandung fungisida. jika terlanjur mendapatkan benih dengan fungisida kamu harus mencuci benih tersebut sampai bersih, bila perlu untuk beberapa jenis benih yang berukuran besar, kamu juga bisa merendamnya di air hangat sebelum menanam benih tersebut.

persiapan media tanam dan wadah tanam microgreen


untuk membuat microgreen, sebelumnya kamu harus mempersiapakan media tanam dan wadah tanam sebelum melakukan penyemaian benih micro green. kamu bisa menggunakan tray semai microgreen yang biasanya berbentuk nampan dengan lubang kecil dibawahnya. tray semai microgreen ini umumnya banyak dijual di toko bibit atau di toko online, namun karena tray semai ini mungkin sedikit mahal, kamu bisa menggantinya dengan nampan atau wadah lain yang ada di rumah.

setelah wadah disiapkan, selanjutnya pilihlah  media tanam yang cocok untuk kamu gunakan, biasanya saya lebih suka menggunakan rockwoll yang biasa digunakan untuk berkebun hidroponik, karena media tanam ini tidak mengandung tanah dan steril sehingga lebih bersih jika ingin menanammicrogreen didalam rumah.

jika kamu menggunakan media tanam tanah atau cocopeat kamu bisa mencampurnya dengan kombinasi 1;1, penggunaan pupuk organik belum terlalu dibutuhkan karena biasanya tanaman microgreen belum membutuhkan pupuk dan hanya memerlukan kelembapan dan cahaya yang cukup untuk tumbuh.

Mengisi Tray semai dengan media tanam

isi wadah tadi yang telah kamu siapkan dengan media tanam, tidak perlu terlalu dalam, kamu hanya perlu menimbun 2 sampai 3 Cm saja untuk bantalan penahan akar microogreen, karna saya menggunakan rockwoll maka saya hanya perlu memotong rockwol ini dengan ukuran yang tipis agar lebih hemat dan kemudian meletaknnya pada media tanam yang telah saya siapkan.

setelah itu semprotkan rocwol atau media tanam lain dengan menggunakan sprayer agar sedikit lembap, tidak perlu terlalu banyak apalagi sampai menggenang.

Proses Pra Penyemaian Microgreen


sebelum memulai menyemai benih sayuran untuk dijadikan microgreen, kamu harus memperhatikan jenis tanaman apa yang akan kamu semai. untuk tanaman dengan ukuran benih yang kecil seperti bayam atau selada, kamu tidak memerlukan persiapan khusu dan bisa langsung membaca langkah selanjutnya. tapi berbeda ceritanya jika kamu ingin menanam benih dengan ukuran yang cukup besar seperti benih jagung,kacang kapri, bunga matahari, dan gandum kamu harus melakukan treatment khusu agar benih tersebut cepat berkecambaah dan tumbuh subur yitu dengan terlebih dahulu merendam benih tersebut pada air hangat.

perendaman benih pada air hangat ini hanya bertujuan untuk meningkatkan kelembapan dan membuka pori-pori benih agar cepat berkecambah, jadi jangan sampai menggunakan air yang terlalu panas yah.. perendaman juga tidak perlu terlalu lama, kamu hanya perlu merendam benih tersebt dalam waktu 5 jam sampai satu malam saja. setelahnya bisa kamu tanam seperti benih biasa pada umumnya.

Semai benih Sayuran dengan cara ditaburkan


menyemai benih microgreen bisa kamu lakukan dengan cara menaburkan benih tersebut pada media tanam yang telah disiapkan, menaburkan benih sayuran juga tidak perlu dilakukan dengan tergesah-gesah sehingga benih tidak tersebar merata, kamu juga tidak perlu menebarnya secara berlebihan sehingga boros dan microgreen tidak tumbuh dengan sempurna. oleh karena. mungkin pada awalnya menabur benih ini tidak akan rata dan sulit untuk dilakukan dengan menggunakan tangan, tapi setelah sering menabur benih kebencian microgreen kamu akan terbiasa menaburnya dengan merata dan mendapatkan hasil yang sempurna.

jangan menanam benih dengan bertumpuk atau menaburkannya pada satu lokasi saja karena microgren akan mengumpul dan sulit untuk di panen dan juga pertumbuhannya tidak lurus.

 taburi benih dengan tanah tipis lagi secara merata


taburkan tanah lagi secara merata diatas taburan taburan benih yang tadi kamu semai dalam media tanam ini akan membuat atau meningkatkan kelembapan pada tanah sehingga benih bisa berkecambah dengan sempurna, setelah itu semprotkan kembali dengan menggunakan semprotan / sprayer agar tanah diatasnya semakin lembap. oh iya jika kamu menanam microgreen ini dengan menggunkan rokwol maka kamu tidak perlu menimbun benih lagi dengan media lain, cukup semprotkan saja dengan sprayer degan butir air paling kecil sehingga menyerupai embun.

note : ketika menimbun benihg micro green dengan tanah jangan terlalu dalam, cukup 0,5 cm saja sehingga benih tidak terhalangi pertumbuhannya dan tidak boros media tanam.

tutup wadah dengan plastik transparan atau plastik gelap
tujuan dari penutupan wadah ini untuk menjaga suhu udara tetap hangat dan lembap selain itu pentupan dengan kain hitam sangat penting untuk memicu perkecambahan,. jika kamu menggunakan plastik bening maka kamu harus menyimpan benih yang kamu semai dalam tempat yang gelap selama kurang lebih 2 hari sampai benih berkecambah dengan sempurna..

biasanya selama proses ini benih akan membuka atau pecah untuk kemudian memunculkan akar dan daun.

buka dan pindahkan pada tempat yang terang

penyinaran microgreen

hal yang keliru ketika membuat microgreen adalah menempatkannya langsung di bawah terpaan sniar matahari langsung atau justru sebaliknya, membiarkan benih pada tempat gelap untuk waktu yang lama, keduanya keliru karena benih harus dikenalkan dengan cahaya matahari sedang atau terlindung setelah duahari perkecambahan, jika kamu telat mengenalkan benih dengan matahari maka bibit microgreen kamu akan tumbuh dengan tidak sempurna, begitupun jika di l etakan pada tempat yang terkena matahari langsung (panas) microgreen kamu akan mati gosong karna kaget dengan matahari.

olehkarena itu cukup letakan microgreen pada tempat yang terang namun tidak terpapar matahari langsung, seperti misalnya di samping jendela, atau dibawah lampu uv khusus untuk tanaman, kamu bisa mendapatkan lampu ini dari toko aquascape.

pemindahan tanaman dilakukan setelh 2 hari penutupan dengan plastik, biasanya akan muncul 2 daun bawaah benih. pindahkan tanaman ke tempat dengan sinar matahari yang cukup. kamu juga sudah bisa memanen microgreen dengan usia ini, namun biasanya orang-orang memanennya ketika usia nya lebih tinggi lagi sekitar 4-7 hari setelah tanam, namun seperti apa yang saya katakan sebelumnya itu adalah selera, tetap usahakan untuk menjaga kelembapan media tanam selama masa ini sampai panen.

menjaga kelembapan microgree dengan penyiraman rutin


siramlah microgreen kamu secara rutin 2 sampai 3 kali sehari dengan menggunakan sprayer sehingga daun menjadi bersih dan media tanam tetap lembap. ketika kamu menyiram microgreen perhatikan untuk tidak membuatnya terlalu basah karena ini bisa membuat microgreen mati karena busuk. 
selain itu media terlalu kering juga akan mengakibatkan microgreen yang kamu tanam menjadi layu. 

cara memanen microgreen

panen microgreen

pemananan microgreen bisa kamu lakukan dengan cara memotongnya dengan gunting ataupun pisau ketika kamu ingin mengonsumsinya, pemanenan secara langsung juga bisa kamu lakukan untuk menyimpannya didalam kulkas, tapi saya sangat merekomendasikan cara pemanenan yang pertama dengan memotongnya hanya ketika ingin dikonsumsi, karna semakin segar tanaman tersebut, maka akan semakipula kualitas yang didapatkan.

pemanenan ini bisa dilakukan dari mulai hari ke 3 sampai hari ke 14 setelah tanam, selebihnya sayuran bukan lagi bisa di katakan sebagai microgreen tapi mungkin bida di sebut sayuran muda atau baby vegetabel.

tren populer memanen microgreen biasanya memotong tanaman ketika tinggilah mencapai 5 sampai 10 cm. microgreen ini bisa kamu jadikan berbagai masakan yang sehat dan mengandung banyak nutrisi daripada tanaman dewasa.

pemanenan microgreen secara umum dilakukan dengan cara menggunting bagian bawah tanaman atau memotongnya dengan pisau taja, pisau dan gunting ini harus dikhususkan untuk menggunting makanan dan sayuran yah, pemanenan lain dapat kamu lakukan dengan mencabut micro green dari media tanam jika kmau menggunakan media tanam rocwol karena relatif bersi dan tidak kotor. tapi umumnya orang lebih menyukai dengan cara di gunting.

jika kamu membuat microgreen ini didalam botol tanpa menggunakan media tanam kamu bisa langsung mencucinya dan memakannya secara langsung loh. baca selengkapnya tentang cara menanam microgreen dalam botol di artikel ini.

nah itudia langkah-langkah cara membuat microgreen sendiri, meskipun tahapannya terlihap cukup banyak dapat kita ringkas menjadi 4 oin penting yaitu. persiapan penyemaian, perawatan dan penanam. microgreen juga bisa kita manfaatkan untuk berbagai jenis olahan makanan loh, salahsatunya adalah salad dan isi sendwic. selain itu kamu juga bisa mengkreasikan microgreen dengan makanan lain sebagai toping atau sebagai lalapan.

rujukan : How to grow microgreen : https://wellnessmama.com/36688/grow-microgreens/
                Growing your own micro green : https://www.thespruce.com/grow-your-own-microgreens-2540008

0 Response to "9 Langkah Mudah Membuat / menanam Microgreen sendiri"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel