-->

Tips Rahasia "Cara Menanam Microgreen Tanpa Tanah" Samasekali

Microgreen merupakan sayuran sehat yang dipanen saat masih berusia dibawah 2 minggu dengan kandungan nutrisi yang cukup tinggi bahkan lebih baik dari sayuran dewasa. kepopuleran microgreen ini membuat banyak orang mulai tertarik membudidayakan atau menanam microgreen sendiri, namun beberapa orang malas berurusan dengan tanah karna kotor. olehkarena itu saya akan membahas bagaimana cara menanam microgreen tanpa menggunakan tanah sedikitpun.

selain memungkinkan proses penanam yang tidak kotor karna tidak menggunakan tanah, teknik menanam microgreen tanpa tanah yang akan saya bagikan juga sangat baik untuk kesehatan karena memungkinkan anda menanam sayuran segar tanpa kontaminasi zat berbahaya yang terkandung didalam tanah, pensaran buka, bagaimana cara menanam microgreen tanpa menggunakan tanah samasekali?.. yuk simak
Cara menanam Mikrogreen dengan tisu

Apa Yang dimaksud Micro Green

micvrogreen merupakan sayuran berukuran kecil karena dipanen saat umur sayuran masih bayi atau belum dewasa. ukuran microgreen ini seperti toge, biasanya berkisar antara 5 sampai 10cm, jika kita meninjau dari asal katanya microgreen merupakan istilah dalam bahasa inggris yang terdiri dari dua katra dengan arti yang berbeda, pertama adalah micro yang berarti kecil, dan green yang berarti hijau. dengan demikian microgreen dapat kita artikan sebagai hijau yang kecil. tentu saja microgreen tidak selalu berwarna hijau, sebagian sayuran bisa saja berwarna merah maupun putih, hijjau (green) dalam artian ini merujuk pada sayuran dan tumbuhan hijau.
selain artikel ini, Kamu juga bisa membacaartikel kami 9 cara menenam microgreen dengan mudah. 

microgreen sangat populer diluar negri karna manfaat dan kandungan gizinya yang konon melebihi sayuran dewasa yang selama ini banyak di konsumsi, selain itu karna tanaman ini dipanen dalam usia yang masih dini,nutrisi yang terkandung bukan hanya masih terkonsentrasi dengan baik, namun juga belum terkontaminasi dengan zat berbahaya yang terkandung dalam tanah seperti dalam pertanian konvensional. misalnya saja penggunaan pupuk kimia dan pestisida yang kemudian diserap tanaman dan berbahaya untuk di konsumsi.

jadi microgreen sangat baik untuk kalian yang perduli dengan makanan sehat demi kesehatan tubuh dan menghindari penyakit yang banyak ditimbulkan oleh makanan. sayangnya, harga microgreen di indonesia ini cukup relatif tinggi, hal ini karena masih sedikitnya produsen microgreen dengan permintaan dan tren yang semakin meningkat. padahal jika kita mengetahui cara membuat microgreen sendiri tanaman sayuran muda ini sangat gampang di tanam bahkan didalam rumah.

eeeittt, tenang saja, buang jauh dulu perasaan ngeri dan jiji untuk bermain dengan tanah basah dan lembap untuk media tanam, karna seperti pertanian hidroponik dan aquaponik, microgreen juga bisa di tanam tanpa menggunakan tanah atau bisa di tumbuhkan whitout soil hihiw. penasaran kan gimana cara menanam microgreen tanpa tanah ini? yuk simak dibawah ini.

Bagaimana Cara Menanam Microgreen tanpa Tanah

Menanam Microgreen tanpa tanah memungkinkan kalian memperlel banyak keuntungan, mengapa demikian? karena menanam microgreen tanpa tanah membuat kamu tidak perlu repot dengan kotor atau kuman. selain itu padadaerah komplek dan perumahan, tanah seringkali sulit untuk didapatkan, jikapun ada tanah mungkin kualitasnya tidak baik untuk dijadikan media tanam microgreen. disamping masalah tersebut, menanam microgreen dengan media tanah juga rawan untuk kesehatan tanaman itu sendiri, karena tanah mengandung banyak zat dan mikro organisme yang mungkin berbahaya bagi tanaman maupun bagi anda sendiri. nah lalu bagaimana menanam microgreen ini tanpa tanah? gampang kok. kamu cukup mempersiapkan alat dan bahan dobawah ini:

Alat dan bahan yang dibutuhkan 


untuk membuat atau menanam microgreen dengan media selain tanah kamu membutuhkan bahan yang sama seperti ketika menanam microgreen dengan tanah, hanya saja unsur keterlibatan tanah harus disubstitusikan dengan media lain yang memiliki peran yang sama. alat dan bahan untuk menanam microgreen antara lain adalah sebagai berikut :
  1. tray semai
  2. sprayer air
  3. air
  4. biji/benih sayuran 

media tanam selain tanah


nah kamu mungkin bingung dengan media tanam selain tanah, media tanam yang saya maksud ini misalnya saja menggunakan rokwoll, busa, kapas, cocofiber, kain flanel dan atau bahkan menggunakan tisue kasar. kamu juga bisa menggunakan tisue basah yang sudah disterilkan dari zat kimia berbahaya.

okeh, mungkin beberapa media tanam selain tanah seperti diatas unu cukup membingungkan jika kalian masih pemula atau awam dengan dunia tanaman, tapi konsepnya sama saja dengan menanam dengan menanam microgreen dengan media tanam tanah biasa, sebagai contoh saya akan membagikan cara menanam microgreen dengan menggunakan tisue..

Cara Menanam Microgreen Dengan Tisue

menanam microgreen dengan tisue ini sangat mudah dan praktis, selain bersih metode ini juga mudah dilakukan karena tisue mudah didapatkan bahkan di jual bebas di toko klontong. diluar negri sendiri menanam microgreen dengan menggunakan tisue sudah cukup populer dan banyak dilakukan untuk kebutuhan pangan hijau keluarga.

daripada banyak basabasi, yuk langsung aja kita mulai, langkah - langkah menanam microgreen dengan media tanam tisue.

persiapan awal (pra penyemaian microgreen)


langkah pertama untuk menyemai benih microgreen dengan menggunakan tisu adalah dengan mempersiapkan wadah dan media tanam yang akan digunakan untuk menumbuhkan microgreen. gunakan tray semai microgreen atau wadah lainnya yang memiliki fungsi sama, tidak perlu repot atau pusing menentukan wadah yang cocok, kamu bisa menggunakan piring atau bahkan plastik box bekas kue dan makanan lainnya.
cuci bersih wadah tray semai tersebut kemudian ambil tisue yang akan digunakan untuk media tanam microgreen. 

letakan tisue tersebut pada tray media tanam microgreen, sehingga menutupi rapat semua dasar permukaan tray yang kamu gunakan. misalnya saja seperti contoh di bawah ini :

media tanam microgreen non tanah


lalu setelah kamu melakukan seperti pada gambardiatas, selanjutnya basahi tisu atau kapas dengan menggunakan sprayer yang telah diisi dengan air bersih.

Penyemaian Benih sayuran Microgreen


setelah kamu mempersiapkan wadah dan media tanam seperti langkah yang saya bagikan diatas, selanjutnya kamu bisa menaburkan benih sayuran microgreen yang ingin kamu tanam diatas permukaan tisue yang sudah lumayan lembap.

kamu bisa menggunakan berbagai macam jenis sayuran untuk membuat microgreen misalnya ssaja, selada, sawi, pokcoy, bayam, atau jenis sayuran lain sesuai yang kamu inginkan.
namun untuk beberapa jenis biji sayuran yang berukuran besar seperti bunga matahari, atau kacang kedelai, kacang polong maupun kacang hijau kamu harus merendamnya terlebih dahulu didalam air hangat selama 5 sampai 10 jam untuk  mempercepat proses perkecambahan.
selain microgreen, kamu juga bisa mempelajari 10 jenis sayuran yang bisa tumbuh di pekarangan dengan mudah.

taburkan benih keatas tisue secara merata seperti sedang memberi toping pada kue atau bawang goreng diatas miayam, eh hehe. mungkin pada awalnya menaburkan benih secara rata sulit untuk dilakukan namun jika kamu sering menana microgreen ini akan lebih mudah dan menyenangkan.

mengapa menabur benih harus dengan rata dan tidak boleh terlalu padat atau berkumpul pada satu titik ? ini karena benih yang ditabur dengan tidak rata akan mengganggu pertumbuhan microgreen, jadi usakanlah untuk menanam benih microgreen dengan merata.

setelah ditanam lalu semprotkan kembali air secukupnya agar benih terasa lembap,, tidak perlu menutup bagian atas benih dengan pelapis lain, tapi jika kamu memiliki tisue yang lebih lembut dan tipis, kamu boleh menutupnya dengan sehelai tisu tersebut dan di basahi kembali untuk menjaga kelembapan media tanam.

Proses perkecambahan benih 


jika langkah diatas telah kamu lewati dengan benar, selanjutnya tutup wadah tanam kamu dengan plastik untuk menjaga kelembapannya, kamu juga harus menyimpannya pada tempat yang gelap kurang lebih 1- 2 hari tanpa terkena cahaya samasekali untuk meningkatkan percepatan perkecambahan, setelah dua hari biji sayuran akan pecah dan emunculkan akar, pada beberapa jenis tanaman, perkecambahan ini bisa lebih cepat terjadi daripada jenis tanan lainnya, misalnya pada kacang hjijau yang hanya memerlukan waktu satu malam saja.

setelah dua hari, pindahkan microgreen tersebut pada tempat yang terang atau memiliki pencahayaan yang bagus.  selama menunggu microgreen berkecambah, kamu juga bisa sambil membaca artikel 10 Tips Menanam Cabe dihalaman Dengan Menggunakan Pot

pengenalan pada cahaya


letakan microgreen pada tempat yang terang dan tercukupi sinar matahari, kamu bisa juga menjemurnya pada sinar matahari pagi yang belum terlalu terik atau meletakannya pada tempat yang terang maupun menggunakan bantuan lampu uv untuk tanaman.

namun perlu diperhatikan untuk tidak menjemur mirogreen ini pada paparan sinar matahari secara langsung karena beberapa jenis benih tidak tahan dengan matahari langsung dan malah akan layu atau mati. 
selama proses penggelapan dan pengenalan cahaya, jangan lupa untuk terus menjaga media tanam tetap lembap dengan terus menyiramnya 2 sampai 3 kali sehari dengan menggunakan penyemprot/sprayer.


memanen microgreen


pemanenan microgreen untuk konsumsi sayuran sehat bisa kamu lakukan kapanpun kamu inginkan, namun orang-orang biasanya memanen microgreen saat usia tanaman ini berkisar 1 sampai 2 minggu dengan tinggi pohon 5 sampai 10 cm, baik ketika daun sejati telah muncul ataupun belum. 
memanen microghreen ini cukup mudah, kamu bisa memotongnya dengan gunting atau pisau yang tajam, namun karna microgreen yang kita buat ini tidak menggunakan tanah, kamu juga bisa mencabutnya sampai ke akar dan mencuci bersih sebelum di konsumsi.,

penan microgreen tanpa tanah


jika microgreen yang kamu tanam untuk konsumsi pribadi, pastikan untuk memanen microgreen ini hanyaketika kamu ingin makan saja yah, jangan sampai menyimpannya terlalu lama di kulkas karena nutrisinya akan berubah dan tidak sesehat ketika masih segar.

kamu bisa menanam microgreen ini sebagai toping makanan, lalapan, campuran gado-gado, salad atau jenis makanan lain yang kamu gemari.

Keunggulan Dan kekurangan menanam microgreen tanpa tanah

banyak keunggulan yang bisa kamu dapatkan dengan menanam microgreen dengan media selain tanah, beberapa keunggulan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :
  • lebih bersih
  • praktis dan mudah
  • akar microgreen bisa di konsumsi
  • bisa di lakukan di kota besar yang sulit mendapatkan tanah
  • terhindar dari hama dan penyakit yang terkandung didalam tanah.
  • terhindar dari zat kimia yang terdapat dalam tanah.

nah itulah beberapa keunggulan yang kamu dapatkan jika menanam microgreen tanpa menggunakan tanah. selain keunggulan diatas mungkin kamu bisa menambahkan keunggulan atau kekurangan menanam microgreen dengan tanah dengan menuliskan pendapat kamu di komentar, aku tunggu ya..

1 Response to "Tips Rahasia "Cara Menanam Microgreen Tanpa Tanah" Samasekali"

  1. Terima kasih untuk tiosnya. So helpful. Will try them soon :)

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel