-->

Cara Budiday Anggrek Dengan Stek Batang Mudah dan Praktis

memperbanyak tanaman anggrek atau budidaya bunga anggrek kebanyakan dilakukan dengan cara penyemaian benih di laboratorium dengan menggunakan bibit yang di semai dalam botol.

cara lain untuk budidaya anggrek yang paling banyak di lakukan adalah dengan pemisahan anakan anggrek atau Keiki yang bisa di pisahkan ketika telah cukup besar, namun cara pemisahan anakan anggrek ini cukup lama dan tidak efektif untuk budidaya secara masal baca : cara memisah anaka anggrek (keiki) yang baik dan benar.

namun ternyata ada cara yang sangat mudah untuk di lakukan dan bisa di lakukan secara masal selain dengan budidaya menyemai benih anggrek di botol, yaitu dengan melakukan stek batang pada tanaman anggrek.

perlu di perhatikan jika cara yang satu ini akan menggunakan teknik stek dengan metode air, terutama untuk jenis anggrek dendrobium,selain tanaman anggrek beberapa jenis tanaman lain juga bisa di stek dengan menggunakan media air seperti pada artikel cara budidaya daun mint.

Cara Stek Batang Bunga Anggrek

Cara Budiday Anggrek Dengan Stek Batang
stek batang anggrek bisa kamu lakukan pada beberapa jenis anggrek misalnya seperti anggrek bulan dan anggrek dendrobium, cara ini akan membuat kamu menghemat pengeluaran untuk membeli bunga anggrek dan membuat kebun anggrek kalian lebih semarak. bagaimana cara stek tangkai tanaman anggrek ini?. yuk simak cara stek anggrek di bawah ini.


Langkah-langkah budiday anggrek dengan cara stek batang:

Mempersiapkan batang/tangkai anggrek yang akan di stek.
persiapkan batang atau tangkai anggrek yang akan di budidayakan dengan teknik stek ini, pilihlah tangakai anggrek yang berumur dewasa dan cukup sehat untuk di potong dan di stek.

menggunakan batang atau tangkai anggrek yang tidak sehat akan mengurangi presentase keberhasilan stek anggrek ini, jadi usahakan untuk menggunakan tangkai anggrek yang sehat dan berkualitas.

Pisahkan batang dari rumpun.
setelah memutuskan batang anggrek mana yang akan kita stek selanjutnya pisahkan batang atau tangkai anggrek tersebut dari rumpun anggrek dendrobium yang lain untuk dibudidayakan.

menyiapkan wadah air
wadah air bisa berupa toples atau botol dan sejenisnya, yang penting bisa menampung air dan bisa di gunakan untuk memasukan tangkai anggrek tadi kedalam wadah tersebut.

memasukan anggrek ke wadah air.
pastikan untuk mengisi air kedalam toples yang telah disiapkan, dengan ketinggian atau volume sekitar 1/4 bagian saja sehingga tangkai anggrek tidak terendam secara keseluruhan. pastikan untuk mejaga air dalam toples tetap bersih dan tidak tercemar sehingga anggrek tidak membusuk atauu berjamur.  segera lakukan pergantian air jika air mulai kotor.

Tunggu sampai tunas keluar.
akar anggrek biasanya akan muncul setelah usia stek kurang lebih 2 sampai 3 minggu. untuk mempercepat proses pembentukan akar kamu bisa meneteskan sedikit zat pertumbuhan di air yang di gunaka sebagai media stek. akar yang muncul biasanya di tandai dengan munculnya benjolan pada batang anggrek yang di stek tersebut.

Tunas bisa dipisah setelah cukup akar.
setelah akar berkembang menjadi sedikit panjang dan mulai terbentuk stolon di batang tangkai anggrek yang tidak terendam, selanjutnya kamu bisa memisahkan anggrek tersebut ke media tanam baru, baik itu dengan arang atau dengan media tanam lainnya yang cock untuk tanaman anggrek.

selain angrek dendrobium kamu juga bisa menggunakan teknik ini untuk memperbanyak anggrek bulan dengan cara stek.

tanaman anggrek memang memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri, tanaman anggrek ini memiliki bunga yang cantik dan memiliki ribuan species yang tersebar di seluruh dunia, diindonesia sendiri terdapat sekitar 4000 species anggrek yang berhasil di catat. 

sayangnya tanaman anggrek biasanya hanya berbunga satu hingga dua kali dalam setahun, lalu bagaimana membuat tanaman anggrek bisa berbunga sepanjang tahun?, baca artikel cara membuat tanaman anggrek rajin berbunga dan subur untuk mengetahui jawabannya.

0 Response to "Cara Budiday Anggrek Dengan Stek Batang Mudah dan Praktis"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel