-->

Dikira Hoax Ini 6 Fakta pisang raksasa (Musa Ingens) Di Papua

pisang raksasa asli papua yang memiliki ketinggian pohon dan ukuran buah raksasa ini sempat viral di media sosial seperti facebook, twitter mapupun instagram. keberadaan pisang raksasa ini bagi sebagian orang bahkan dianggap hoax dan editan, tapi tahukah kamu jika ternyata pisang raksasa ini benar benar ada.
fakta tentang pisang raksasa papua
musa ingens papua | tribun.com

pisang raksasa dari dataran papua pegunungan afrak ini memiliki nama ilmia musa ingens. kebenaran tentang keberadaan pisang raksasa ini memang masih mengejutkan ditengah berita hoax yang simpangsiur kesana kemari, apalagi kepopuleran pisang raksasa ini muncul ketika musim politik pemilu dimana saat itu hoax bertebaran kesana kemari.

karna saya penasaran, akhirnya saya melakukan validasi sederhana tentang fakta dari pisang raksasa musa ingens yang sempat viral di media sosial tersebut. ternyata pisang ini benar-benar ada. bahkan beberapa video tentang pisang musa ingens pernah di upload di youtube salahsatunya dari akun resmu Balitbanghut Manukwari yang menunjukan video liputan tentang pisang musa ingens ini. kamu bisa melihat videonya sendiri di bawah artikel jika masih penasaran.

Mengenal Pisang Raksasa Musa Ingens Papua

dilansir dari beberapa situs web di internet, pohon pisang TERBESAR di DUNIA telah ditemukan di pegunungan afrak papua barat, Indonesia. penemuan pisang berukuran raksasa ini bukan merupakan temuan baru mengingat jika ternyata musa ingens pertamakali di temukan pada tahun 1989 oleh seorang warga papua bernama Jeff Daniels.

pisang raksasa musa ingens konon merupakan salahsatu tanaman endemik papua yang sulit tumbuh di wilayah lain, sejauh ini pisang musa ingens baru di temukan di pegunungan arfak papua barat dengan ketinggian 100 sampai 200 MDPL.

pada kali pertama di temukan tentu saja pisang raksasa ini menghebohkan banyak orang. namun karena pada saat itu sosial media belum merebak dan arus informasi berjalan lambat penemuan pisang raksasa ini masih belum banyak di ketahui oleh masyarakat luas kecuali para peneliti dan masyarakat papua sendiri.

namun beberapa tahun belakangan ketika sosial media banyak di gunakan oleh hampir semua orang di indonesia atau bahkan dunia. foto pisang ingens ini kemudian muncul kembali dan menjadi viral karna banyak diunggah oleh orang-orang.

banyak dari mereka menganggap bahwa foto pohon dan buah pisang musa ingens yang tersebar di media merupakan editan dan foto hoax karna mungkin penemuan pisang raksasa ini dianggap aneh dan tidak wajar mengingat pohon pisang normal hanya tumbuh dengan ukuran 2 sampai 5 meter. sedangkan pisang ingens ini bisa tumbuh hingga puluhan meter.
olehkarena itu saya akan mengulas beberapa fakta yang berhasil saya kumpulkan dari pisang raksasa (musa Ingens) ini :
baca juga : pupuk rahasia untuk membuat tanama pisang subur dan cepat berbuah

Fakta - Fakta Pisang Raksasa Musa Ingens di Papua Barat

Dikira Hoax Ini 6 Fakta pisang raksasa (Musa Ingens) Di Papua
pisang raksasa papua (musa Ingens)

1. Merupakan Tumbuhan endemik Papua

pisang musa ingens atau pisang raksasa dari papua merupakan tumbuhan yang hanaya bisa di temukan di papua khusunya pegunungan afrak papua barat. fakta ini dikemukakan oleh seorang peneliti senior yang menjabat sebagai kepala peneliti pusat keanekaragaman hayati (puslit kehati) universitas papua atau sering di sebut Unipa manukwari, Charly heatubun. beliau mengatakan bahwa pisang raksasa musa ingens ini masih belum di temukan di wilayah lain selain pegunungan papua. sehingga tanaman pisang musa ingens ini bisa dikatakan masih berstatus keragaman hayati endemik papua seperti anggrek papua dan buah merah yang terkenal.
baca juga : Cara Ampuh membasmi lalat buah, termasuk pada buah pisang.

2. Dapat Tumbuh hingga 30 Meter

tidak berlebihan jika menyebut pisang musa ingens ini sebagai pisang raksasa karena ukurannya yang begitu besar dan tinggi. jika pada pohon pisang biasanya memiliki ketinggian kurang dari 5 meter (berkisar 2-4 meter) maka pada pisang musa ingens ini tinggi pohon bisa mencapai 25 sampai 30 Meter atau setara dengan 6 sampai 7 kali pisang pada umumnya. bisa kebayang dong tingginya kaya apa. bahkan konon untuk memanen pisang ini masyarakat papua harus memanjat dengan hati-hati karena sagat tinggi dan licin.

3. Memiliki diameter pohon hingga 2 Meter

artikel dari wikipedia menuliskan jika diameter pohon pisang musa ingens ini mencapai ukuran 95Cm atau hampir satu meter. namun beberapa situs web juga mengatakan bahwa batang pohon musa ingens bisa mencapai satu meter sampai 2 meter, ini cukup masuk akal mengingat tinggi pohon musa ingens ini bisa mencapai 30 meter, maka untuk menopang tinggi tersebut dibutuhkan ukuran batang pohon yang cukup besar.
dalam artikel lain dikatakan jika batang musa ingens ini mencapai ukuran tinggi dada orang dewasa jika di rebahkan.

4. Pelepahnya mencapai panjang 5 Meter

pelepah pada pohon pisang normal biasanya tidak lebih dari 2,5 meter atau hanya berkisar 2 meter untuk satu pelepah pisang, namun pada daun pisang musa ingens ini pelepah daun isa memiliki panjang hingga lima meter dengan lebar sekitar 1 meter. ini merupakan ukuran pelepah pisang yang cukup fantastis, coba bayangkan berapa lontong yang bisa dibuat hanya dengan 1 pelepah pisang hehe.

5. Masih sulit Untuk Ditanam

membudidayakan pisang musa ingens merupakan harapan untuk banyak pihak, sayangnya pisang musa ingens ini masih sulit untuk di budidayakan. konon biji musa ingens ini masih sulit untuk berkecambah dan membutuhkan waktu yang cukup lama. untuk membudidayakan pisang musa ingens membutuhkan waktu dan tekad yang cukup kuat di sertai pengetahuan di bidang botani. olehkarena itu budidaya pisang musa ingens ini masih sangat sulit dan hanya bisa tumbuh alami di hutan pegunungan papua.

namun berkembangnya teknologi tentu saja bisa menjadi solusi dari segala masalah apapun. pisang musa ingens masih bisa di budidayaka dengan teknik kultur jaringan atau sejenisnya, di beberapa marketplace sudah tersedia beberapa pedagang benih musa ingens. namun perlu diperhatikan tidak semua bibit musaingens yang di jual di toko online itu asli dan dapat tumbuh jika di tanam.

6. panjang buah mencapai 20 CM

ukuran pohonnya yang fantastis tentu saja haru seimbang dengan ukuran buahnya yang juga besar, pisang musa ingens ini memiliki buah dengan panjang hingga 20Cm. dengan ukuran buah sebesar ini dalam satu tandan pisang dapat memiliki berat sampai dengan 60KG. 
wahhh bisa langsung kenyang kalo sekali makan pisang raksasa ini ya guys.

Dikira Hoax Ini 6 Fakta pisang raksasa (Musa Ingens) Di Papua

nah itudia beberapa fakta tentang pisang musa ingens atau pisang raksasa papua yang sempat menjadi perdebatan tentang keaslian pisang tersebut dan ternyata pisang tersebut benar benar ada di dunia malah ada di indonesia khusunya daerah pegunungan afrak papua barat. 

Video Pisang Raksasa musa ingens papua
seperti yang saya janjikan di awal artiikel saya juga akan menunjukan video tentang pisang raksasa papua ini di bawah ini. silahkan di tonton.

0 Response to "Dikira Hoax Ini 6 Fakta pisang raksasa (Musa Ingens) Di Papua"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel