-->

Mengenal Pohon Loa / Ara Ficus Racemosa yang bisa di Bonsai

Mengenal Pohon Loa / Ara Ficus Racemosa yang bisa di Bonsai  : kamu pasti tidak asing dengan pohon loa, pohon ini hampir tersebar di seluruh indonesia atau bahkan dunia. di indonesia pohon ini kerap kali di sebut dengan ama pohon ara, masyarakat sunda menyebutnya sebagai pahan loa dan orang-orang jawa menyebut pohon ini sebagai pohon lo. namun secara universal pohon ini memiliki nama ilmiah Ficus Recemosa. yup pohon ini masih tergabung dalam genus ficus yang berarti masih berkerabat dekat dengan pohon beringin.

pohon loa sendiri memiliki nilai budaya dan historis yang cukup tinggi selain sebagai pohon yang kerap dibuat bonsai loa karena keindahan perakarannya. loa juga memiliki sangkutan dengan mitologi yang cukup kental seperti kebanyaka jenis ficus lainnya. penasarankan? caritahu selengkapnya tentang pohon loa dibawah ini :

Mengenal Pohon Loa (ficus Racemosa)

Mengenal Pohon Loa / Ara Ficus Racemosa yang bisa di Bonsai
pohon loa yang dibonsai

seperti yang saya bilang diatas pohon loa memiliki banyak nama dan julukan, bahkan keragaman nama ini juga tersebar keseluruh dunia misalnya seperti bangsa arab yang menyebut species pohon loa dengan nama jameez, india dengan sebutan fig tree,persia adamaskidan masih banyak lagi.
pohon loa merupakan tanaman yang tergabung dalam keluarga moroceae dengan banyak manfaat dan cerita-cerita dibaliknya, sayangnya masyarakat modern banyak yang tidak mengetahui legenda mengenai pohon loa itu sendiri. tapi sebelum kita membahas mengenai legenda dalam pohon loa ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri dari pohon loa itu sendiri.

Ciri-Ciri Pohon loa

pohon loa memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 17 meter hingga 20 meter di alam liar, biasanya tanaman pohon loa ini hidup di pinggir sungai karena terkenal menyukai tanah yang banyak mengandung air. diameter batang pohon loa ini cukup besar bahkan bisa mencapai ukuran 100cm dengan kulit berwarna putih gelap atau coklat dan buah yang menempel pada batang pohonnya.
akar pohon loa cukup kuat dan menyebar dipermukaan tanah dan mencengkram nanah dengan kuat, sehingga tidak heran jika pohon loa sering ditanam di pinggir sungai di indonesia untuk mencegah longsor.

Bentuk pohon loa

pohon loa memiliki bentuk yang tinggi dan besar seperti kebanyakan pohon ficus lainnya, meskipun daunnya sangat terlihat berbeda dengan keluarga beringin, namun loa memiliki bentuk batang dan perakaran yang tidak terlalu berbeda dengan pohon beringin.
pohon loa diketahui memiliki getah berwarna putih seperti susu yang konon katanya akan membuat kulit iritasi dan gatal jika terkena kulit secara langsung.
Mengenal Pohon Loa / Ara Ficus Racemosa yang bisa di Bonsai
bentuk pohon loa di alam

Daun pohon loa

daun pohon loa berbentuk lonjong dengan bentuk runcing di bagian ujung dan pangkalnya membuat daun ini terlihat seperti bentuk ujung tombak.
daun loa memiliki warna hijau tua, sedangkan pada daun muda memiliki warna yang lebih terang dan menjadi kuning menjelang gugur.
Mengenal Pohon Loa / Ara Ficus Racemosa yang bisa di Bonsai
contoh daun pohon loa


untuk menjadikan loa sebagai tanaman bonsai biasanya daun pohon loa akan di pangkas secara terus menerus dan membuat daun loa menjadi mengecil dari ukuran aslinya.

Habitat pohon loa

pohon loa tersebar dari dataran afrika hingga indo cina. secara alami pohon loa ini banyak tumbuh di tengah hutan hingga dataran yang sedikit kering. namun dalam perkembangannya pohon loa ini banyak ditanam sebagai tanaman penahan erosi di pinggiran sungai.
Mengenal Pohon Loa / Ara Ficus Racemosa yang bisa di Bonsai
pohon loa yang tumbuh di pinggir sungai


pohon loa juga seringkali dijadikan sebagai tanaman peredu namun masih jarang yang memanfaatkan buah pohon loa untuk konsumsi atau keperluan lainnya.

Buah pohon loa

buah pohon loa ini berbentuk bulat seperti telur dan berukuran sebesar bakso. buah pohon loa sangat mirip dengan buah tin karna memang dua tanaman ini masih berkerabat dekat dan masih dalam golongan ficus. buah loa sendiri memiliki rasa masam sedikit manis dengan banyak bijikecil didalamnya.
Mengenal Pohon Loa / Ara Ficus Racemosa yang bisa di Bonsai
buah pohon loa yang masih menempel


buah loa biasanya dimakan oleh binatang seperti monyeet dan burung. namun sangat sedikit sekali masyarakat yang memanfaatkan buah loa tersebut bahkan menganggap jika buah loa ini beracun dan enggan untuk mengonsumsi. pada masyarakat sunda tradisional sebagian memakan buah loa ini sebagi lalapan untuk buah yang masih muda. padahal buah pohon loa memiliki banyak manfaat salah satunya untuk mencegah perkembangan virus HIV.

Legenda dan mitologi pohon loa/lo

pohon loa atau pohon ara memiliki tempat tersendiri dikalangan masyarakat hindu yang juga menghormati pohon Bodhi (ficus religiosa), pohon loa merupakan tanaman yang cukup berpengaruh dalam agama budha yang sering disebut juga sebagai pohon udumbra.

pada masyarakat jepang pohon ini di sebut sebagai pohon udon-ge (優 曇華) , merujuk pada kisah mata darma sejati dimana pohon ara (udon-ge) disebut dalam konteks khotbah bunga yang diberikan oleh Gautama Budha di puncak Hering.

selain mengarah pada pohon loa istilah udon-ge juga sering digunakan untuk menyebut telur serangga lacewing, sebuah serangga kecil yang yeng telurya di letakan dengan pola yang unik dan digunakan untuk ritual meramal di daerah china dan jepang.

sementara itu dalam kepercayaan buddhisme theravada menyebutkan jika pohon ara atau pohon loa merupakan pohon yang digunakan untuk perantara mencapai pencerahan (bodhi) oleh dewa buddha ke 26 yaitu konaagama, namun kepercayaan ini masih mendapatkan perdebatan dengan pohon bodhi (ficus religiosa) yang dianggap lebih suci dan sakral daripada pohon loa.

beberapa jenis pohon dari keluarga ficus memang kaya dengan kisah mitologi dan teologi, misalnya saja selain poho loa kita mengenal beringin yang kramat untuk orang jawa dan pohon ficus carica (buah Tin) yang di sebut dalam alquran.

selain itu pohon loa atau pohon ara seringkali dimanfaatkan oleh masyarakat afrika dan si sebut sebagai eenghwiyu  untuk di gunakan menyaring minuman kera tradisional masyarakat ovambo.

Bonsai Pohon Loa

selain memiliki nilai cultural yang cukup tinggi, tanaman pohon loa juga memiliki nilai estetika yang cukup bagus, hal ini di buktikan banyaknya pemanfaatan pohon loa yang di gunakan sebagai bonsai. pohon loa sendiri sering di gunakan sebagai bonsai karena karakter keindahan batang atau akarpohonnya yang eksotis. berikut ini merupakan contoh bonsai pohon loa yang saya dapatkan dari salahsatu grup bonsai yang saya ikuti :

Mengenal Pohon Loa / Ara Ficus Racemosa yang bisa di Bonsai
bonsai pohon loa

umumnya pohon loa ini banyak di tanam untuk bonsai dengan cara mendongkel dari alam liar dan di pindahkan dalam pot, namun sebagian orang juga membudidayakannya dengan cara cangkok dan stek untuk dijadikan sebagai bonsai. selain membudidayakan pohon loa kamu juga bisa membaca cara membudidayakan tanaman mint dengan cara stek.

Manfaat Buah Dan Pohon loa

memiliki nilai budaya dan estetika yang tinggi tidak di peroleh tanpa mengandung banyak manfaat untuk manusia, pohon loa selain bermanfaat untuk lingkungan dan binatang juga bisa bermanfaat untuk manusia loh, berikut ini merupakan manfaat pohon loa :
Mengenal Pohon Loa / Ara Ficus Racemosa yang bisa di Bonsai
persis seoerti buah tin : buah pohon loa yang matang
0. Menanam Pohon adalah amal jariah karna bisa bermanfaat untuk orang banyak walau tidak kita sadari.

1. mencegah erosi

pohon loa memiliki perakaran yang mencengkram tanah dan sangat menyukai tumbuh di pinggiran sungai, olehkarena itu pohon ini sangat baik jika di tanam di pinggiran sungai untuk menahan erosi.

2. menahan banjir

selain menahan erosi tanaman loa juga bisa mencegah banjir, terutama karena batang tanaman dan akarnya yang kuat bisa menahan debit air yang berlebihan dari luapan air kali.

3. mengobati bentol gigitan nyamuk

konon katanya kulit pohon loa jika digosok dengan batu akan membentuk pasta yang bisa di oleskan pada luka bentol akibat gigitan nyamuk.
selain pohon loa, ada juga banyak jenis pohon yang bisa mengobati segala macam penyakit misalnya saja rumput daun bandotan atau manfaat sirih merah yang sangat ampuh untuk beberapa jenis penyakit.

4. pakan alaimi binatang

buah pohon loa banyak di gemari oleh monyet, burung dan tupai, bahkan di wilayah afrika pohon loa sangat digemari untuk kelangsungan hidup serangga, ulat dan kupu-kupu.

5. mencegah perkembangan virus HIV

berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh dosen Unair menghasilkan simpulan yang menyebutkan jika pohon loa atau pohon ara ini memiliki kemampuan untuk mencegah perkembangan virus hiv dalam tubuh, untuk ulasan selengkapnya bisa kamu baca disini.

nah itulah sedikit ulasan mengenai pohon loa, semoga setelah membaca artikel ini anda mendapatkan pengetahuan baru dan semakin semangat untuk menjaga lingkungan dan merawat pohon.

0 Response to "Mengenal Pohon Loa / Ara Ficus Racemosa yang bisa di Bonsai"

Post a Comment

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel