-->

Ketapang Vafigata : Cara Menanam, Perawatan dan Budidayanya

ketapang kencana merupakan tanaman berdaun kecil dengan bentuk seperti payung yan bertumpuk mengerucut hingga ke atas, kamu pasti sangat familiar dengan ketapang kencana yang banyak di tanam di pinggir jalan dan di pekarangan rumah.

ada beberapa jenis ketapang, diantaranya adalah ketapang berdaun lebar yang memiliki buah berbentuk lonjong (ketapang T. catappa) dan ketapang kencana dengan nama ilmuah (terminalia mentali), ketapang kencana juga memiliki varietas varigata loh. iyup. daun ketapang kencana varigata ini memiliki corak putih atau bahkan putih keseluruhan sehingga tanpak sangat indah seperti bunga yang melekat pada ranting pohon sakura.

ketapang kencana varigata ini sedang populer terutama di indonesia untuk dijadikan tanaman peneduh. selain indah ketapang kencana varigata juga cukup mudah dalam urusan perawatan. berikut ini saya akan membagikan pengalaman bagaimana cara merawat dan menanam ketapang kencana varigata agar tumbuh subur.

note : perawatan dan cara menanam atau teknik budidaya ketapang kencana varigata tidak berbeda dengan cara menananm ketapang kencana biasa, olehkarena itu kamu juga bisa menarapkan cara ini untuk ketapang kencana biasa maupun ketapang kencana varigata.

Cara Mudah Menanam dan Merawat Ketapang kencana

ketapang kencana varigata


Mengenal ketapang kencana :


ketapang kencana seperti yang saya sebutkan diatas memiliki nama ilmiah Terminalia Mantaly, dengan klasifikasi sebagai berikut :
Klasifikasi Ilmiah Ketapang Kencana
Kingdom: Plantae, visi: Magnoliophyta, kelas: Magnoliopsida, ordo: Myrtales, famili: Combretaceae, genus: Terminalia, spesies: T. mantaly.

tanaman ketapang kencana memiliki ciri yang sangat menonjol dengan bentuk daun yang kecil dan batang pohon yang tinggi lurus menjulang tinggi dengan ranting atau cabang pohon yang tumbuh simetris disetiap percabangannya membentuk piring datar yang seolah tertusuk oleh batang pohon utama, sepintas ketapang kencana ini terlihat seperti tumpukan payung yang disususn dari yang palin besar hingga yang paling kecil. lebih jelasnya bisa di lihat pada poto dibawah ini :

ketapang kencana putih

ketapang kencana sendiri bukan tanaman asli indonesia, tanaman ini berasal dari madagaskar dan kemudian di bawa keseluruh dunia karena keindahannya.

konon, pohon ketapang kencana sangat efektif untuk menyerap polutan yang terbang di udara, itulah mengapa pohon ketapang kencana ini banyak di tanam di pinggir atau di trotoar jalan untuk menyerap polusi, selain ditanam di pinggir jalan, ketapang kencana juga banyak di tanam untuk hiasan taman di pekarangan rumah.

Cara Menanam Ketapang kencana


sebelum menanam ketapang kencana, pastikan kamu membeli bibit pohon ketapang kencana dengan kualitas baik dan tidak sedang sakit atau terserang hama, tanaman ketapang kencana yang sehat bisa di liat dari bentuk daun, kerapatan daun dan warna daunnya, selain itu, ketapang kencana yang sehat juga bisa terlihat dari batang dan akar tanaman, pastikan untuk tidak membeli tanaman ketapang kencana yang sakita atau cacat.

setelah mendapatkan bibit yang bagus, selanjutnya yang harus di lakukan adalah mempersiapkan media tanam, sebenarnya tanaman ketapang kencana akan sangat bagus jika ditanam langsung di tanah dan akan mempercepat pertumbuhannya, namun jika kamu menanam ketapang kencana di pot, gunakan pot berukuran besar dengan lubang drainase dibawahnya agar air tidak menggenang.

Baca Juga : cara mengatasi hama kutu putih pada tanaman

jika kamu menanam ketapang kencana di dalam pot media tanam yang baik digunakan adalah campuran sekam, tanah dan kompos dengan perbandingan 1;2;1 atau 2;2;1. dan jika kamu menanamnya langsung di tanah kamu harus mempersiapkan lubang  dengan jarak tanam yang tidkak terlalu dekat dengan temmbok rumah karena ketapang kencana ini bisa tumbuh cukup besar dan akarnya bisa merusak pondasi, tapi umumnya ketapang kencana tidak tumbuh besar dengan cepat dan rata-rata hanya tumbuh sebesar kaki orang dewasa meskipun telah ditanam dalam waktu lama.

masukan ketapang kencana pada lubang yang telah di siapkan dengan kedalaman mengikuti bonggol ketapang kencana, janganmenanam terlalu dalam atau terlalu dangkal karea akan roboh jika terkena angin. campurkan kompos atau pupuk organik pada tanah yang digunakan untuk menimbun akar ketapang kencana untuk membuat ketapang tumbuh subur dan sehat, tapi pastikan untuk tidak memberikan pupuk secara berlebihan di awas tanam ketapang kencana karena bisa membuat pohon ketapang kencana varigata ini over dosis.

Perawatan Ketapang Kencana Varigata


merawat tanaman ketapang kencana tidak terlalu sulit dan bahkan sangat mudah untuk di lakukan, ketapang kencana ini tidak membutuhkan perawatan khusu seperti pemberian pupuk tertentu atau penyiraman yang berlebihan.

lakukan penyiraman seperlunya, penyiraman tanaman ketapang kencana bisa kamu lakukan secara rutin setiap hari pada awal penanam hingga sebulan pertama, setelahnya lakukan penyiraman hanya saat tanah kering atau ketika tanaman mengalami dehidrasi.

jika kamu menanamnya langsung di tanah, penyiraman tidak terlalu diperlukan karena ketapang kencana yang ditanam di tanah biasanya bisa mendapat air dan nutrisi dari dalam tanah itu sendiri.
pemupukan bisa kamu lakukan saat 2 sampai 3 bulan sekali dengan dosisi yang tidak terlalu banyak, kamu juga bisa memberikan pupuk kimia maupun pupuk organik untuk tanama ketapang kencana ini. baca bagaiamana cara membuat pupuk organik cair disini..

ketapang kencana varigata juga membutuhkan pemangkasan secara rutin, terutama jika cabang tanaman ini mulai menggaanggu atau tumbuh terlalu tinggi sehingga tidak enak di pandang. lakukan pemangkasan untuk membuat pohon kembali rapih. kamu juga bisa menempelkan tanaman lain pada batang pohon ketapang kencana seperti anggrek atau jenis pakis-pakisan. silahkan baca cara merawat anggrek agar rajin berbunga di artikelini.

cara budidaya ketapang kencana varigata

ketapang kencana varigata tidak sulit untuk dibudidayakan, mereka dapat diperbanyak dengan dua teknik, yaitu vegetatif dan generatif, teknik generatif membutuhkan biji dari ketapang kencana, biasanya cara ini cukup lama karena harus menunggu ketapang kencana tumbuh dewasa. sebaliknya cara vegetatif banyak dipilih karena selain mudah cara ini bisa menghasilkan bibit ketapang kencana dengan cepat.

cara vegetatif yang banyak dilakukan adalah dengan cara cangkok batang. mencangkok ketapang kencana kurang lebih akan sama dengan cara mencangkok pohon kelengkeng pasti berhasil. olehkarena itu saya tidak akan membahas detail bagaimana cara mencangkok pohon ketapang kencana varigata ini, atau ketapang kencana berdaun putih.

singkatnya mencangkok ketapang kencana dilakukan dengan cara mengerat kulit dan membalut batang dengan tanah didalam plastik transparan agar perkembangan akar bisa terlihat.

harga poho ketapang kencana sendiri tidak terlalu mahal, harganya di batok dari belasan hingga ratusan ribu tergantung ukuran pohon dan kualitas tanaman tersebut, biasanya ketapang kencana varigata memiliki harga yang lebih mahal daripada ketapang kencana biasa.

nah itulah sedikit ulasan mengenai ketapang kencana putih atau varigata yang bisa kamu coba di rumah, jika kamu memiliki pengalaman brbeda selama merawat ketapang kencana, kamu bisa menceritakan pengelama kamu untuk menyempurnakan artikel ini di kolom komentar | Ilmukebun.com

2 Responses to "Ketapang Vafigata : Cara Menanam, Perawatan dan Budidayanya"

  1. Butuh berapa tahun dari 1 meter sampai 6 meter...?

    Trims....

    ReplyDelete
  2. Pak, mau tanya
    Kalo bibit pohon ketapang masi kecil
    Tapi sudah kluar daun

    Sebaiknya ditanam dipot lebih dulu ya?
    Daripada langsung di Tanah pekarangan depan rumah


    Sama yg mau saya tanyakan,
    Kalo buat awal tanam,
    Sebaiknya pohon bibit dikasi tanah dari pekarangan
    atau dikasi media tanam smua
    Atau
    Media tanam dicampur tanah pekarangan

    ReplyDelete

silahkan berkomentar, bertanya, menambahkan atau menyanggah segala sesuatu yang berkaitan dengan isi artikel, komentar di luar isi artikel akan kami anggap sebagai spam..

Iklan Atas Artikel

displai iklan tengah 1 horizontal

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel